Inspiration

Bersikaplah Konsisten, Aja Esuk Dhele Sore Tempe!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Falsafah Jawa esuk dhele sore tempe biasa dipakai untuk menggambarkan sikap yang inkonsisten. Ungkapan lainnya mencla-mencle, lambe ndomble hehehe. Yang kedua ini lebih bersifat sarkastik dari yang pertama namun memiliki makna yang sama.

Referensi pihak ketiga

Perubahan dari kedelai menjadi tempe tak butuh waktu lama. Pagi dibikin, sore sudah jadi tempe yang terbuat dari kedelai. Maka realitas ini lalu dipakai sebagai suatu ungkapan pitutur luhur yang kemudian diterima sebagai salah satu ungkapan falsafah Jawa. Bagi masyarakat Jawa, begitu mendengar ungkapan faldafah esuk dhele sore tempe, otomatis spontan sudah menangkap yang dimaksudkan.

Referensi pihak ketiga

Maksuf utama dari ungkapan falsafah Jawa itu adalah sikap yang tidak konsisten. Mudah berubah tanpa alasan yang jelas dan kuat. Kalau perubahan itu memiliki dasar yang kuat dan jelas, tidak bisa dibilang dengan ungkapan esuk dhele sore tempe. Contoh, semula orang menduga, yang akan jadi pasangan cawapres Jokowi adalah Profesor Mahfud MD. Itu dugaan dan konon rencana awal. Namun ternyata yang diumumkan adalah KH Ma’ruf Amin. Dalam konteks ini, kita tidak bisa menggunakan ungkapan esuk dhele sore tempe.

Referensi pihak ketiga

Berbeda kalau, misalnya, sesaat sesudah mengumumkan bahwa cawapresnya adalah KH Ma’aruf Amin tapi lalu tiba-tiba tanpa alasan jelas diganti Mbok Sabar, lah itu baru namanya esuk dhele sore tempe. Atau, orang mengaku pendukung setia Jokowi tapi lalu kecewa karena keputusan dan pengumuman cawapresnya ternyata berbeda dari yang diharapkannya dan kemudian berubah melawan Jokowi, dalam arti tertentu, itu namanya inkonsisten esuk dhele sore tempe. Gitu loh! Semoga jelas!

Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 22/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1360839138551579?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.