Inspiration

Cahaya Bintang Kasih Kerukunan di Gulita Malam Kebencian!

Referensi pihak ketiga – Jokowi-Prabowo

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Masih tentang berita viral dua rival Presiden Jokowi dan Ketua Umum IPSI Prabowo. Sebelum Hanifan Yudani Kusumah merangkul mereka berdua, Jokowi dan Prabowo yang duduk di bangku VVIP saat menyaksikan Asian Games 2018 cabang olah raga pencak silat; mereka sudah tampak begitu akrab.

Referensi pihak ketiga – Megawati-Jokowi-Prabowo

Baik Jokowi maupun Prabowo bercanda, mengobrol dan menghadirkan suasana dan sikap persahabatan yang indah. Semua itu menjadi pancaran cahaya bintang di tengah gulita malam penuh prasangka dan kebencian. Maka, semoga cahaya bintang itu menyinari gulita malam kehidupan yang sedang dipenuhi virus dendam dan benci. Kalau para Capres saja bisa rukun, ngapain sih para pendukung bikin kisruh melulu? Bintangya saja bercahaya masak sih masih ada oknum-oknum yang lebih suka tinggal dalam gulita malam lelimengan cahya?

Kalau pihak-pihak yang sedang berkontestasi sebagai Capres saja.bisa hidup saling rukun; sudah seharusnyalah para pendukung masing-masing harus bisa hidup lebih rukun. Dengan demikian, kisah indah kerukunan dan persahabatan mereka sudah semestinya kian indah seluas Nusantara berkat sikap serupa di tingkat akar rumput.

Referensi pihak ketiga – Jokowi-Prabowo-Puan Maharani

Itulah yang dalam falsafah lokal Jawa disebut dengan ungkapan kadya sunaring kartika ing petenging lelimengan cahya. Mungkinkah? Tak ada yang mustahil bagi yang percaya! Tetapi, semuanya juga tergantung dari kita, Anda dan saya. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Tawangmangu, 31/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/562354150611984?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.