Inspiration

Filosofi Wedang, Gawe dan Ngawe-Ngawe Kadang demi Persaudaraan Sejati

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Wedang itu bahasa Jawa. Artinya minuman. Namun wedang juga bisa dimaknai singkatan seturut fleksibilitas budaya dan falsafah Jawa. Singkatan apakah wedang?

Referensi pihak ketiga

Biasanya wedang diartikan gawe kadang. Artinya, merajut persaudaraan. Persaudaraan ada yang terjadi secara alamiah. Ada pula yang memang harus dirajut. Gawe kadang merajut persaudaraan dari tidak saling mengenal menjadi saling mengenal dalam persaudaraan bahkan persaudaraan sejati.

Referensi pihak ketiga

Selain arti yang sudah biasa itu, ijinkan saya menambahkan arti kedua dari wedang. Wedang bukan singkatan gawe kadang melainkan ngawe-ngawe kadang. Ngawe-ngawe sama dengan memanggil untuk mendekat. Maka ngaqe-ngawe kadang berarti tak mulai dari nol merajut persaudaraan melainkan melanjutkan persaudaraan dengam berinisiatif memanggil atau mengundang persaudaraan.

Referensi pihak ketiga

Pada arti yang kedua ini, kita berusaha dan berupaya untuk merawat persaudaraan. Yang sudah ada dijaga. Yang belum ada dimulai. Caranya? Salah satunya melalui keterbukaan untuk bekerjasama dengan siapa saja melalui srawung. Saling bergaul menuju persaudaraan sejati. Itulah ngawe kadang. Merawat, memupuk dan mwnjaga persaudaraan agar berbuah kerukunan, kedamaian dan kesejahteraan dalam peradaban kasih.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 25/8/2018

Sumber: refleksi prinadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1172264866256232?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.