Inspiration

Hidup Ini Berasal dari Tuhan dan Akan Kembali kepada Tuhan, Kawan! Jalani dengan Bahagia!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Saya selalu merasa terharu setiap kali mendengar ungkapan doa ini: Inalillahi wainailaihi roji’un. Sesungguhnya segala sesuatu datangnya dari Allah, dan segala sesuatu itu akan kembali kepadaNya. Begitulah maknanya. Doa ini mirip maknanya dengan falsafah Jawa bahwa urip iku saka Pangeran, bakal.bali uga marang Pangeran.

Referensi pihak ketiga

Dalam tradisi Perjanjian Lama, kalimat doa nan indah itu diucapkan oleh sosok yang kita kenal sebagai Nabi Ayub di tanah Us. Nabi Ayub itu saleh dan jujur; ia takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Keyika mengalami musibah atas anak-anak yang dikasihinya dan mereka semua meninggal dunia, Ayub berkata, “Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. Tuhan Allah yang memberi, Tuhan Allah yang mengambil, terpujilah nama Tuhan Allah!” (Ayub 1:1,21)

Referensi pihak ketiga – islamoke.com

Itulah sebabnya kalimat Inalillahi wainailaihi roji’un menjadi suatu doa atas berita kematian yang kita dengar atau juga di saat kita mengalami musibah. Khususnya bagi Umat Islam doa ini menjadi doa yang secara spontan dan dalam kesadaran iman diucapkan setiap kali mendengar kabar duka. Doa yang sama dalam falsafah Jawa diucapkan gesang punika mligi saking Pangeran lan ugi badhe wangsul kondur mring Pangeran. Urip saka Pangeran, bali marang Pangeran.

Referensi pihak ketiga

Dalam semuanya itu, sejauh saya belajar memahaminya, terdapat ungkapan iman bahwa segala sesuatu berasal dari Allah dan akan kembalo kepada Allah, terpujilah namaNya. Dengan bekal pemahaman ini, maka saya percaya bahwa hidup yang berasal dari Tuhan dan akan kembali kepada Tuhan, haruslah dijalani dengan bahagia!

Demikianlah refleksi singkat atas falsafah Jawa urip saka Pangeran, bali marang Pangeran. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 22/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4226837856675?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.