Inspiration

Inspirasi dan Motivasi Jokowi Berbuah Prestasi Mengukir Sejarah Pertiwi

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Ini adalah refleksi falsafah Jawa sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti yang beralaskan fakta prestasi atlet timnas yang sedang berjuang mengharumkan nama bangsa dalam ajang Asian Games 2018. Filosofi itu menggelegar bersama inspirasi dan motivasi Presiden Jokowi yang berbuah prestasi mengukir sejarah Pertiwi. Beginilah kisah dan narasinya.

Referensi pihak ketiga

Saat kami (Romo Dedy OFMCap, Romo Oris OCD, Romo Karni SVD dan saya) sedang menikmati sarapan, Romo Dedy OF.Cap yang sedang studi S-2 Manajemen di Unika Soegijapranata dan tinggal serumah dengan kami memberikan informasi dengan penuh semangat. Wajahnya cerah. Matanya berbinar bahagia. Senyumnya mengembang dan dia pun bilang, “Wow…, Indonesia sudah tembus beroleh 22 medali emas di Asian Games 2018! Luar biasa. Sekarang berada di posisi ranking 4!”

Mendengar informasi itu, saya pun berkata, “Betapa pun, itulah buah dari revolusi mental yang dicanangkan Presiden Jokowi!” Saya kira, saya tidak berlebihan mengatakan hal ini. Dalam permenunganku, itulah buah dari inspirasi dan motivasi yang telah ditaburkan oleh Jokowi untuk anak-anak negeri ini. Tak terkecuali, inspirasi dan motivasi itu memacu jiwa para atlet kita untuk kerja, kerja, dan kerja secara maksimal dengan sukacita dan penuh pengharapan.

Jokowi telah menaburkan benih-benih inspirasi dan motivasi bagi anak-anak negeri ini untuk bangkit dan maju. Meski selalu dikritik bahkan dihambat, namun kinerja Jokowi dan Kabinet Indonesia Kerja justru melesat! Sejak awal, Jokowi sudah menaburkan inspirasi dan motivasi dalam sikap optimis untuk setidak-tidaknya berada di posisi 10 besar dengan raihan 16 emas saja. Target ini sudah luar biasa dibandingkan dengan Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Kala itu, sebagaimana didokumentasikan situs www.antaranews.com (4 Oktober 2014), Indonesia berada dalam posisi ranking 17 dengan perolehan medali emas hanya 4 dari total 20 mendali (perak 5 dan perunggu 11) di bawah Mongolia yang beroleh 5 emas, 4 perak dan 12 perunggu. Saat itu, Jokowi belum Presiden RI sebab Presiden Jokowi baru dilantik menjadi Presiden RI pada tanggal 20 Oktober 2014. Lalu Jokowi mulai memberi inspirasi dan motivasi membuat revolusi mental di bidang olah raga. Hasilnya, sebagaimana diberitakan oleh www.banjarmasinpost.co.id (28/8/2018), Indonesia untuk sementara berada di posisi 4 dengan raihan 22 medali emas, 15 perak dan 27 perunggu sampai pukul 07.30 WIB, 28 Agustus 2018. Dahsyat!

Referensi pihak ketiga

Tak peduli para lawan politik Jokowi nyinyir. Bahkan di saat Jokowi menargetkan masuk 10 besar dengan peroleh emas 16 saja, Roy Surya yang menjadi Menpora pada era SBY sudah meragukan optimisme Jokowi. Namun semua itu luluh lantak!

Karena itu, tak heran bahwa rekanku, Romo Dedy OFMCap sedemikian cerah bahagia senyum penuh pengharapan mengabarkan fakta itu saat kami sarapan bersama. Nah, fakta ini bisa dibaca dalam perspektif falsafah Jawa: sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti! Segala sifat picik, bebal, tegar tengkuk dan keras hati penuh angkara murka, hanya bisa dikalahkan oleh kerja penuh kasih, kesederhanaan, kebijaksanaan dan kejujuran. Lawan dari itu adalah serakah, rakus, korup, dan hanya akan menghasilkan kemandulan bahkan bangunan-bangunan mangkrak!

Referensi pihak ketiga

Selamat kepada para atlet yang menunjukkan revolusi mental sura dira jayaningrat, lebur dening pangastuti bersama inspirasi dan motivasi Presiden Jokowi. Inspirasi dan motivasi Presiden Jokowi telah membuahkan prestasi dan mengukir sejarah bagi Ibu Pertiwi, Tanah Air Indonesia! Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 28/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi sikap Jokowi, para atlet Asian Games 2018 dan falsafah Jawa. Sumber info berita Asian Games dari Antaranews.com dan Banjarmasinpost.co.id

Sumber
http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1150672604413763?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.