Inspiration

Janganlah Sibuk Membicarakan Keburukan Sesama, Tiada Guna Selain Menambah Dosa Sendiri!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Aja nyatur alaning liyan. Ini merupakan pitutur luhur yang selalu aktual, relevan dan siginifikan sepanjang zaman. Mengapa? Karena begitulah, setiap orang seumur hidupnya ditantang untuk tidak gampang membicarakan kejelekan orang lain.

Referensi pihak ketiga

Nyatur alaning liyan berarti membicarakan keburukan orang lain alias ngrasani alaning liyan. Membicarakan kejelakan sesama itu godaan sepanjang zaman yang tak bisa disembuhkan! Ia menjadi penyakit yang menjangkiti siapa pun dan gampang banget menular. Sehingga orang gampang banget terlibat dalam pembicaraan tentang buruk dan jeleknya sesama.

Atas perilaku itu, falsafah Jawa melarang keras siapa saja untuk terjebak di dalamnya. Maka, pitutur luhurnya bernada larangan yakni aja nyatur alaning liyan. Jangan suka membicarakan keburukan sesama. Mengapa? Pertama, belum tentu yang dibicarakan sebagai keburukan sesama itu benar adanya. Kedua, bahkan, belum tentu yang sedang membicarakan keburukan sesama itu hidupnya lebih baik dibandingkan dengan yang sedang dibicarakannya. Nah, loh!

Referensi pihak ketiga

Maka, alih-alih nyatur alaning liyan, lebih baik kita menyadari kekurangan diri sendiri dan membangun sikap tobat dan memperbaiki kekurangan-kekurangan diri sendiri agar menjadi lebih baik untuk kehidupan selanjutnya. Kalau kita sibuk dengan kekurangan sendiri, maka, kita tidak sempat lagi nyatur alaning liyan.

Namun, lebih dari semua itu, baiklah siapa saja, Anda dan saya, lebih sibuk untuk memikirkan, mengucapkan, dan melakukan segala yang baik dalam kehidupan ini. Dengan demikian peradaban kasih dan berkat ditaburkan melalui pikiran, ucapan dan tindakan kita sehari-hari.

Referensi pihak ketiga

Demikianlah semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 23/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Luhur Budaya Jawa (2017:19).

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3947947224902680?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.