Inspiration

Kekuatan Sembah Sujud Doa Samadi Kita! Cobalah!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Hanya dalam tiga kata saja, falsafah Jawa ini amat mendalam maknanya. Makanya disebut sebagai salah satu dari ribuan pitutur luhur Jawa.

Referensi pihak ketiga

Manekung nungkul samadi. Manekung itu sama dengan memuja dan berdoa. Nungkul berarti tunduk taat bersembah pasrah. Samadi sama dengan mengheningkan diri menenangkan jiwa mengarahkan hidup kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Referensi pihak ketiga

Maka dari itu, manekung nungkul samadi berarti sikap sujud sembah dalam doa dan keheningan memuja Tuhan yang Maha Kuasa. Di dalamnya kita berserah seutuhnya. Itulah yang kita lakukan setiap kali kit bersujud sembah di hadirat Allah, apa pun agama dan kepercayaan kita. Itulah sembah sujud dan doa kita di mana saja, kapan saja.

Referensi pihak ketiga

Dah, itu saja. Mari kita coba sesuai dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Semua pasti baik dan dengan sikap tawakal di hadiratNya, yang kita lakukan akan berkenan kepadaNya dan menghujankan berkat demi kesejahteraan dan kerukunan bangsa.

Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 26/8/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Pitutur Adi Luhur (2009:288)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/799460778861347?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.