Inspiration

Mari Berhati-Hati Jangan Sampai Bersikap Licin Lidah. Apa Maksudnya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kita pernah mengulas falsafah Jawa esuk dhele sore tempe (lihat di tz.ucweb.com/8_3xzsT). Ternyata ada falsafah lain yang makna serupa dengan esuk dhele sore tempe. Dalam dua kata diungkapkan pitutur luhur lunyu ilate.

Referensi pihak ketiga

Dalam bahasa Jawa, lunyu sama dengan licin. Ilat sama dengan lidah. Nah, lunyu ilate secara harafiah berarti licin lidahnya. Apa maksudnya? Lunyu ilate adalah ungkapan tentang seseorang yang kata-katanya mudah berubah. Biasanya orang yang demikian juga tidak bisa berpegang pada janjinya. Karena itu, ia juga akan sulit untuk dipercaya!

Referensi pihak ketiga

Karena mudah ingkar janji, biasanya pula ia akan mudah mempersalahkan orang lain. Dengan kata lain, ia mudah sekali melepas tanggung jawab. Kalau suatu komunitas apalagi suatu bangsa dipimpin oleh orang yang lunyu ilate, ini akan sangat berbahaya bagi keutuhan bangsa dan implementasi kesejahteraan bagi rakyatnya.

Referensi pihak ketiga

Itulah refleksi singkat tentang lunyu ilate. Semoga kita dijauhkan dari sifat dan sikap lunyu ilate ya. Amin. Bagaimana menurut Sobat sekalian? Silahkan memberi tanggapan dan terima kasih bila berkenan menanggapinya. Kalau tidak ya nggak apa-apa kok. Terima kasih sudah berkenan membaca artikel ini.

Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 26/8/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3311723526725771?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.