Inspiration

Jangan Mudah Menghakimi Kesalahan Sesam. Itulah Makna Hitungan 9+9=19 Versi Jack Ma

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Betapa mudah kita mengabaikan kebenaran yang jauh lebih banyak dilakukan orang lain. Namun sayangnya juga betapa mudah kita menertawakan bahkan menghakimi satu kesalahan yamg terjadi. Kita sulit mengapresiasi kebaikan dan mudah menjastifikasi kesalahan orang lain.

Referensi pihak ketiga

Secara cerdas, Jack Ma menyadarkan hal ini kepada kita melalui kelas yang dilayaninya. Begini, pada suatu saat, Jack Ma yang sedang mengajar, menuliskan rumusan penjumlahan matematika yang mudah. Inilah yang ditulis Jack Ma.

2 + 2 = 4

4 + 4 = 8

8 + 8 = 16

9 + 9 = 19

Membaca tulisan tersebut, para peserta kelasnya langsung heboh dan gaduh. Yang bikin gaduh adalah penjumlaham 9 + 9 = 19. Jack Ma yang dengan sadar menuliskan hal itu langsung bilang dengan tenang, “Okay, saya tahu kenapa kalian jadi gaduh! Jawaban atas soal terakhir memang salah. Tapi, lihatlah! Tiga soal pertama saya jawab dengan benar. Namun, kenapa kalian tidak memuji saya? Mengapa kaliam justru hanya melihat kesalahan saya di 1 soal terakhir?”

Dengan itu, Jack Ma memang mengajak siapa saja untuk tidak putus asa hanya karena satu kesalahan. Namun, dalam permenungan ini saya menangkap pula satu hal ini. Jack Ma sudah mengajarkan kepada kita. Betapa mudah kita menghakimi satu kesalahan orang lain sementara kita mengabaikan begitu banyak hal yang lebih baik dalam diri sesama kita. 

So guys and girls, mari tidak mudah menghakimi satu kesalahan sesama. Lebih baik mari saling mengapresiasi dan melangkaj bersama menuju kebaikan! Ciamik bukan?

Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 3/9/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi www.cerpen.co.id

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/148982433101050?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.