Inspiration

Pelayanan Kaum Muda Reksa Pastoral Kampus Unika Soegijapranata Semarang. Keren Kan?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Sesudah kaderisasi reorganisasi Campus Ministry for Christ (CMC) pada haris Jumat-Minggu (7-9/9/2018) di Wisma Yohanes Gunung Pati, Semarang; giliran di tempat yang sama dilaksanakan kaderisasi reorganisasi Pelayanan Kaum Muda Campus Ministry (Reksa Pastoral Kampus/PKM-RPK) Unika Soegijapranata Semarang (10-11/9/2018). Para pengurus PKM menyelenggarakannya yakni Awang, Bona, Lala, Steven, Karin, Cindy dan Prima. 

Referensi pihak ketiga

Sebagaimana diterangkan oleh Bona, ketua panitia kaderisasi ini, PKM yang sudah ada sejak 1993 dengan nama PRM. Bona menerangkan dan memperkenalkan kepengurusan PKM-PRM.

PKM mempunyai visi pembaharuan diri untuk pengembangan Kerajaan Allah bagi kaum muda. Misinya memfasilitasi kaum muda dalam upaya pengenalan diri dan membantu menemukan harapan dan orientasi pribadi, pengembangan relasi pada cinta kasih, mencari solusi dalam menghadapi masalah, dan mengembangkan kepedulian sosial. Slogannya: omnes pro Domino, Dominus pro omnibus (semua untuk Tuhan, Tuhan untuk semua). Untuk itu dibutuhkan totalitas, komitmen, dan pelayanan. Semua dilakukan secara sukarela tanpa meminta imbalan. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Pengurus PKM RPK Unika Soegijapranata Semarang

Karena itulah, maka PKM RPK bergerak di bidang: retret, rekoleksi, out-bond, renungan dan pelatihan-pelatihan. Untuk karya pelayanan tersebut, maka secara organisaroris PRK terdiri dari ketua, wakil, sekretaris, bendahara, marketing untuk pelayanan di luar; programer (mengumpulkan data draft materi pelayanan/rekoleksi, data ice breaking), human resources (rekrutmen dan konsolidasi internal PKM), dan perkap (urusan perlengkapan).

Fokus pelayanan PKM-RPK adalah melayani komunitas-komunitas di luar kampus, misalnya, pelayanan untuk remaja, pelajar dan OMK Paaroki atau sekolah-sekolah. Rerata pelayanan berlangsung 4 kali dalam setahun. Misalnya, pada tahun ajaran 2017-2018 PKM-RPK Unika Soegijapranata melayani OMK Banyumanik dan sekolah-sekolah (SMP Kanisius Kudus — rutin langganan, SMA 7 dan SMA 14), dan anak-anak Penerima Komuni Pertama Mijen. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pelayanan diberikan dalam bentuk rekoleksi dan out-bond. Itulah sebabnya tim marketing, programer dan human resources. Bahan-bahan pelayanan selalu dibuat up to date sesuai dengan situasi zaman now dengan tetap memperhatikan aspek iman, harapan dan kasih kristiani. 

Dalam rangka itulah, maka reorganisasi diselenggarakan. Yang terjadi di Wisma Yohanes Gunung Pati adalah tahap pertama. Tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 Oktober di Wisma Wijaya Kusuma, Kopeng. Tahap pertama berupa rekrutmen dan tahap kedua berupa pendalaman dan pemantapan pengurus baru.

Cara rekrutmen anggota tim PKM dengan nama find heart ministry (FHM). Maksudnya, mencari dan mengajak rekan-rekan yang tertarik untuk terlibat dalam PKM. Semangatnya adalah servite Domino in laetitia, layanilah Tuhan dengan sukacita.

Saat Bona mengajukan proposal di ruangan RPK Unika Soegijapranata dan saya mencermati jadwalnya, saya menawarkan satu sesi yang menjadi sumber dan puncak hidup beriman, yakni Ekaristi. Dalam perayaan Ekaristi, saat homili, saya menggunakan kesempatan untuk menerangkan kepada panitia dan peserta, bahwa semua itu dilaksanakan dalam konteks Reksa Pastoral Kampus. Keberadaan PKM memiliki landasan pada ECE 38-42, PKM RPK lebih fokus pada misi menghadirkan pelayanan bagi Gereja setempat yang mewajah pada komunitas tertentu yang membutuhkan pelayanan mereka. Dalam konteks RPK (CM), saya mengarahkan agar PKM bersinergi dengan CMC (Campus Ministry for Christ) dan unit-unit lain seperti Ecclesia Christi dan History Maker yang merupakan unit yang menampung mahasiswa Kristen dari berbagai denominasinya. Semua dilaksanakan dalam rangka reksa pastoral baik di kampus maupun di luar kampus.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dalam kesempatan ini, para peserta juga diajak untuk merumuskan konsep, berefleksi dan belajar untuk public speaking. Selamat kepada panitia dan pengurus PKM RKP. Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Wiswa Yohanes Gunug Pati, 10/9/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan materi yang disampaikan Bona

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3938334508523707?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.