Inspiration

Transformasi Inspiratif dari OMK CM Menjadi CMC. Apaan Tuh? Baca Saja!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kata-kata inspiratif Jack Ma benar bahwa anak muda itu pemilik masa depan. Kita yang sudah memasuki usia kepala lima (50) tinggal menikmati dan menekuni buah karya dan pelayanan kita saja.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kebenaran itu saya alami ketika mendampingi kaderisasi reorganisasi Orang Muda Katolik Reksa Pastoral Kampus (OMK RPK) Unika Soegijapranata Semarang di Wisma Yohanes Gunung Pati (6-9/9/2018). Betapa tidak?! Muncul kreasi yakni kreativitas inspiratif saat para mahasiswa semester awal ini (TA 2017-2018/2018-2019) membangun kreasi dalam reorganisasi dan kaderisasi pemgurus.

Selama ini mereka memakai nama OMK Campus Ministry (OMK RPK). Namun apa yang terjadi? Setiap kali menjalani rekrutmen anggota pada awal tahun ajaran batu melalui ekspo PTMB, seruan-seruan “Ayo gabung dengan OMK CM!” tak memberi daya tarik. Bahkan ada yang bilang, “Waduh, selama ini saja aku nggak ikutan OMK di paroki. Ini mau kuliah malah diajak masuk OMK pula… ndak ah!”

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pengalaman nyata ini membuat kami lantas mikir. Haruslah mencari nama baru yang lebih marketable. Punya nilai jual dan daya tarik. Omong punya omong selama tiga hari dua malam; muncullah gagasan melakukan transformasi inspiratif ini. Untuk periode tahun ajaran 2018-2019 ini, kita nama baru yakni Campus Ministry for Christ!

Seiring dengan nama baru itu, muncul pula transformasi inspiratif unit lektor-akolit untuk pelayanan mimbar dan altar dan juga unit lintasagama untuk merespons ECE 39 yang menyatakan bahwa aspirasi mahasiswa yang beragama selain Katolik harus dihormati. Itu makna internalnya. Makna eksternalnya, CMC juga tergerak untuk terlinat dan peduli dalam rangka interreligius. Ini bukan karena kebetulan saya yang sedang bertugas sebagai pastor kepala RPK sekaligus sedang menjadi ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan ya. Bukan!) itu. Bahkan unit ini merupakan usulan dan inisiatif mereka sendiri loh. Hebat kan? Bagiku, ini ECE banget dan Soegijapranata banget gitu loh!

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ya semoga transformasi inspiratif buah tema karya tahun ajaran 2017-2018 ini dapat berbuah lebih baik ke depannya. Terutama saat dihayati sesuai tema karya tahun ajaran 2018-2019 dalam keterlibatan sinergis! Semoga berbuah berlimpah, terutama buah karena tinggal dalam Kristus melalui refleksi, doa dan Ekaristi harian sesuai ECE 38-39. Keren banget!

Demikian. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 9/9/2018

Sumber: refleksi pribadi atas kaderisasi RPK Unika Soegijapranata

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2524330651906328?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.