Inspiration

Belajar dari Gus Dur Menghadapi Hantu Komunisme, Mengapa Harus Takut?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Mengapa komunisme menjadi hantu yang menakutkan di negeri ini? Beginilah salah satu sisi yang pantas disimak kembali, sebagaimana disampaikan oleh mendiang KH Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Pernyataan Presiden ke-4 Republik Indonesia itu masih pantas dijadikan bahan pembelajaran bersama dalam menghadapi hantu komunisme. Tulisan ini saya buat berdasarkan dari tayangan youtube sebagaimana terlampir dan warta dari tribunmanado.co.id (Rabu, 20 September 2017 18:19). Mari kita belajar dari Gus Dur tentang cara menghadapi hantu komunisme yang ternyata berbeda dengan cara pandang rezim Orde Baru.

Referensi pihak ketiga

Inilah cara pandang Gus Dur terhadap PKI dan komunisme. Menurut Gus Dur, komunisme itu ideologi yang tidak bisa dihentikan. Namun mengapa lantas harus terjadi kesalahan? Kesalahan terjadi karena kesalahpahaman. Akibatnya, sekitar 500 ribu orang terbunuh karena kesalahan yang ditimpakan kepada mereka yang dicap komunis di negeri ini.

Menurut Gus Dur, penafsiran bahwa yang melakukan kudeta pada tahun 1965 adalah PKI, itu adalah kesalahan penafsiran. Dengan tegas, Gus Dur mengatakan bahwa kita harus jujur pada sejarah. Kalau pun ada kesalahan sejarah, Gus Dur dengan bijaksana mengajak kita semua untuk saling memaafkan. Kalau kita melakukan kesalaha, kita harus minta maaf, kata Gus dalam suatu wawancara yang diunggah melalui youtube pada tanggal 25 Februari 2017 oleh akun Bima Sanjaya, sebagaimana terlampir dalam tulisan ini.

Orisinil

Masih menurut Gus Dur, kesalahpahaman tentang pelarangan komunisme yang sangat kuat di Indonesia. Bahkan, banyak orang yang marah kepada Gus Dur, saat beliau mengajak masyarakat untuk mengubah cara pandang dengan cara membedakan antara ideologi dan institusi. Menurut Gus Dur, melarang ideologi atau pemikiran adalah sia-sia. Itu tidak mungkin dilakukan!

Perlawanan Gus Dur terhadap segala bentuk ketakutan berlebih terhadap PKI dan komunisme sempat menghebohkan, saat video wawancaranya dalam program Kick Andy edisi 15 November 2007 diupload di youtub. Sebagai dilansir tribunmanado.co.id, misalnya, Bahkan Gus Dur pun pernah dituding PKI karena mencoba melakukan rekonsiliasi antar bangsa.

Pasti, Gus Dur tahu betul luka lama para korban peristiwa G30S yang dialamatkan pelakunya oleh PKI dan sesudahnya tak bisa diobati setelah lebih dari 30 tahun masa pemerintahan Orde Baru. Pemerintahan Soeharto dan rezim Orbanya bahkan memproduksi Film Pengkhianatan G30S yang dampaknya bukan penyembuhan luka lama, melainkan justru menambah kebencian terhadap anak cucu warga yang diberi stigma PKI. 

Secara kontroversial namun konstitusional, saat menjadi Presiden RI, Gus Dur berani mencabut Tap MPR nomor 25 MPRS 1966 tentang pembubaran Partai Komunis Indonesia. Menurut Gus Dur, TAP MPR tersebut bertentangan dengan Undang-undang dasar. Karena itulah, bahkan sosok sekelas Gus Dur pun dituding membela PKI. Padahal, niat Gus Dur sangat bagus, mulia dan bermartabat, yakni untuk mempersatukan kembali bangsa ini agar tidak terbelah dalam ketakutan terhadap hantu komunisme.

Gus Dur pun yakni bahwa keputusan mencabut TAP MPR itu benar dan konstitusional karena berdasarkan undang-undang dasar. Bahkan, Gus Dus juga tidak khawatir bahwa PKI akan bangkit kembali. “Kenapa takut, PKI aja ditakuti,” kata Gus Dur.

Demikianlah, para Ucer, Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Warisan Gus Dur ini kiranya membuka mata batin kita akan obyektivitas cara menghadapi komunisme, bukan dengan prasangka dan ketakutan, melainkan dengan tetap menjunjung tinggi persatuan, kesatuan dan kemanusiaan. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Sumber: youtube – Bima Sanjaya (25/2/2017) dan manado.tribunnews.com/2017/09/20/heboh-video-ditanya-tentang-kebangkitan-komunis-gus-dur-pki-aja-ditakuti?page=all.

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 26/9/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4319415763488607?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.