Inspiration

Dahsyat! Tekad Presiden Jokowi Bersama Avengers Melawan Thanos demi Membela Kemanusiaan!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Menarik sekali pernyataan Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam pidatonya di hadapan pleno World Economic Forum on ASEAN atau forum ekonomi dunia di ASEAN pada Rabu di Hanoi, Vietnam (12/9/2018). Dengan bahasa zaman now namun nyata dan mendalam menyentuh jantung kemanusiaan, Jokowi menyebut dirinya sebagai bagian dari Avengers yang akan melawan Thanos dalam membela kemanusiaan. Tak heran, pidatonya langsung viral tak hanya di Indonesia, tetapi juga di Amerika dan Australia serta dunia.

Referensi pihak ketiga

Sebagaimana dilansir jateng.tribunnews.com (2018/09/13), laporan Wartawan Tribun Jateng, Suci Rahayu, Presiden Jokowi memberikan pidato yang tidak biasa. Ia mengambil contoh gagasan dasar film Infinty War karya Marvel. Dengan memperumpamakan masalah ekonomi dengan Infinity War, pidato Jokowi menggelegar laksana petir, “Kita harus mencegah permasalahan perang dagang menjadi Infinity War,”

Dahsyatnya, Jokowi bahkan menyebut dirinya sebagai satu dari para Avenger lain yang siap untuk mengalahkan Thanos. “Aku dan para Avengers lain siap untuk mencegah Thanos menghapus setengah dari populasi,” tegasnya.

Siapakah Thanos? Thanos adalah tokoh antagonis dalam Marvel Universe yang ingin menghapuskan setengah populasi dunia karena merasa tidak ada cukup sumber daya alam untuk semua orang. Bagi Jokowi, Thanos adalah pihak yang ingin mengalahkan pihak lain hanya untuk mencapai keinginannya semata. Menurutnya, Thanos bukanlah perseorangan.

“Thanos ada di dalam diri kita semua. Sebuah kepercayaan yang salah bahwa agar kita sukses, orang lain harus jatuh, orang lain harus menyerah. Kesalahpahaman bahwa munculnya orang baru berarti hilangnya orang sebelumnya.” (Presiden Jokowi)

Referensi pihak ketiga

Menurut Jokowi, alih-alih menghapus populasi manusia, semua pihak seharusnya justru belajar dari sejarah untuk dapat bersatu dan memperbaiki sumber daya alam agar bisa dinikmati bersama. Caranya? Ini jawaban Jokowi.

“Melalui kreatifitas, energi, kolaborasi, dan hubungan baik, kemanusiaan akan menikmati kemelimpahan.” 

Mari bersama Presiden Jokowi, kita menjadi bagian dari para Avenger yang bertekad melawan Thanos dalam diri kita masing-masing demi membela kemanusiaan. Meminjam gagasan Mgr. Albertus Soegijapranata, mari kita kembangkan bakat dan talenta kita untuk membela bangsa dan kemanusiaan (talenta pro patria et humanitate).

Referensi pihak ketiga

Terima kasih Pak Jokowi atas pidato yang inspiratif menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk maju bersama membela kemanusiaan dan keutuhan bangsa. Semoga terberkatilah kita semua, bangsa kita, dalam mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia bahkan dunia, yang sejahtera, bermartabat, dan beriman, apa pun agama dan kepercayaan kita.

Bagaimana menurutmu, Sahabat Peradaban Kasih? Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 14/9/2018

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi dari jateng.tribunnews.com (13/9/2018)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2475998563984886?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.