Inspiration

Hebat! Kendeng Lestari, Ber(t)ani Karena Benar!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pagi ini (Senin, 17/9/2018), saat daku sedang menyelesaikan renungan harianku di ruangan Reksa Pastoral Kampus Unika Soegijapranata Semarang, tiba-tiba pintu ruangan diketuk. Ternyata, Mas Benny Setiono atau lengkapnya B. Danang Setianto, SH., LL.M., MIL, yang juga Wakil Rektor IV Unika Soegijapranata rawuh di ruangan saya. Wow, laksana kejugrugan gunung kemenyan, kehadirannya selalu selalu membawa berkah.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Beberapa kali kehadirannya di ruangan saya selalu membawa berkah dalam bentuk apa saja. Kali ini, berkah itu berupa kaos dengan tulisan dan gambar yang bertemakan Kendeng Lestari Ber(t)ani Karena Benar. Kaos pun langsung saya pakai dan jadilah selfie seperti tampak dalam ilustrasi ini.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – DOK Pribadi, saat menghibur para petani Kendeng di tepi jalan Demak-Semarang dalam rangka longmarch Rembang-Semarang

Di balik semua itu adalah sikap peduli. Kepedulian untuk menjaga keutuhan ciptaan dan kelestarian lingkungan hidup. Konkretnya melalui belarasa dan solidaritas dengan para petani di kawasan Pegunungan Kendeng. Itulah yang kami lakukan dalam belasan tahun terakhir bersama Mas Gunritno, Mbak Gunarti dan sedulur-sedulur masyarakat kawasan Pegunungan Kendeng.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Dok Pribadi saat longmarch menuntut keadilan di Semarang. Memainkan saksofon mengiringi nyanyian Maju Tak Gentar Membela yang Benar….

Kuterima hadiah itu dari Mas Benny sebagai satu penanda perjuangan bersama dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan hidup dan keutuhan ciptaan. Ah, saya jadi teringat akan banyak pengalaman suka dan duka tetapi lebih banyak dukanya, dalam perjuangan bersama para sahabat pejuang Kendeng Lestari. Namun, dalam duka perjuangan itu, tersimpan sukacita pengharapan akan masa depan kesejahteraan bersama para petani yang berjuang di negeri ini demi menyediakan bahan pangan yang cukup bagi masyarakat.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pokok gagasannya ada di situ. Kepedulian, belarasa, solidaritas dalam rangka menjaga keutuhan ciptaan dan lingkungan hidup dalam konteks keadilan dan kesejahteraan. Dalam semuanya itu, cita-citanya hanya satu, yakni mewujudkan peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaannya. Dalam konteks ini peradaban kasih itu bersama para seduluru tani Kendeng Lestari.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Terima kasih Mas Benny. Salam buat rekan-rekan seperjuangan Kendeng Lestari. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 17/9/2018

Sumber: refleksi pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/702989170474948?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.