Inspiration

Pemuda Bodoh Itu Kini Jadi Santo Pelindung Pelajar & Mahasiswa, Istimewa! Bagaimana Bisa?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam penanggalan liturgi Gereja Katolik, hari ini ada peristiwa unik. Tanggal 18 September adalah kenangan wafat seorang suci bernama Yosef Cupertino. Yosef lahir di Cupertino, Lecce, Italia Selatan pada tanggal 17 Juni 1603. Dalam sejarahnya, Yosef Cupertino diimani menjadi pelindung para pelajar dan mahasiswa. Juga bagi siapa saja yang sedang mengalami kesulitan dan cobaan.

Referensi pihak ketiga

Yosef Cupertino berasal dari keluarga miskin. Pendapatan ayahnya sebagai seorang tukang sepatu pas-pasan saja. Sejak kecil, Yosef terkenal bodoh dan lamban dalam belajar. Konon, bahkan tugas-tugas sekolah yang paling mudah pun tak mampu dikerjakannya dengan baik. Kecuali itu, hingga usia 10 tahun, ia mudah sakit dan tidak sehat. Kesehatannya yang selalu terganggu oleh berbagai penyakit membuat ibunya hampir-hampir putus asa. Banyak uang dihabiskan untuk biaya perawatan demi kesehatannya.

Suatu hari ibunya membawa dia kepada seorang pertapa yang tinggal tak jauh dari Cupertino untuk meminta doa penyembuhan bagi Yosef. Akhirnya berkat doa-doa sang pertapa dan iman ibunya, Yosef dapat sembuh dari penyakitnya.

Yosef pun tertarik pada cara hidup Santo Fransiskus Asisi dan bermaksud menjadi pengikutnya. Itulah sebabnya, pada usia 17 tahun ia melamar dan diterima dalam novisiat bruder-bruder Kapusin. Namun karena Yosef memiliki sifat minder, bodoh, dan banyak melakukan kesalahan dalam tugasnya, hanya 8 bulan di dalam biara, Yosef dikeluarkan.

Kendati demikian, Yosef tidak berputus asa. Ia tetap berusaha untuk meraih cita-citanya itu. Berkat pertolongan pamannya, seorang imam Konventual, Yosef pun diterima sebagai anggota ordo Fransiskan Conventual. Tugasnya adalah menjaga kuda-kuda di Grotela dan sesekali mengemis di kota untuk kepentingan biara. Dengan sabar, Yosef menjalani tugas itu dalam ketaatan dan penuh tanggung jawab.

Yosef memiliki keutamaan tekun berdoa. Kehidupan doa tidak pernah dilupakannya. Itulah yang membuatnya dikenal sebagai orang saleh. Keutamaan doa dan kesalehan Yosef mulai dikenal oleh seluruh penduduk kota dan rekan-rekannya sebiara. Ia pun menjadi teladan kesucian bagi rekan-rekannya.

Referensi pihak ketiga

Itulah sebabnya, pimpinan biara mengizinkan dia masuk novisiat. Dia pun diijinkan mempersiapkan diri untuk menjadi imam. Meski secara nalar, ia bodoh, namun kesucian dan kesalehannya membuat hidupnya diberkati Tuhan. Semua ujian bisa dihadapinya dengan baik hingga ia dinyatakan lulus dan ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1628. Rahmat imamat yang dilandasi oleh doa dan kesalehan membuat Romo Yosef mendapat anugerah elevatio, yakni karunia terbang dan karunia penyembuhan. Gara-gara hal itu, Yosef lalu ditempatkan di daerah terpencil di biara Osimo, Italia. Selama 35 tahun Yosef Cupertino tinggal dan melayani di biara itu hingga wafatnya pada tanggal 18 September 1663. Yosef Cupertino dinyatakan sebagai orang suci oleh Paus Klemens XIII pada tanggal 16 Juli 1767.

Demikianlah riwayat singkat kehidupan Santo Yosef Cupertino yang penuh mujizat justru di saat-saat penuh kesulitan bahkan laksana sekarat. Itulah sebabnya, ia dikenal sebagai pelindung dan pendoa bagi para pelajar dan mahasiswa serta orang-orang yang mengalami kesulitan dan cobaan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Unika Soegijapranata bersyukur sebab diberi relikwi Santo Yosef Cupertino. Relikwi itu ditempatkan di depan altar Kapel Unika Soegijapranata Semarang. Siapa saja boleh berdoa bersamanya kepada Tuhan.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 18/9/2018

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan katakombe.org

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2305174501349553?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.