Inspiration

Saat Yenny Wahid Memilih Mendukung Jokowi, Tak Ada Yang Baru, Wajar Saja! Istimewanya Apa?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Sebagaimana diberitakan CNN Indonesia (Rabu, 26/09/2018 15:50 WIB), akhirnya putri KH Abdurrahman Wahid, akrab disapa Gus Dur, menjatuhkan pilihan politiknya kepada Paslon Presiden-Calon Presiden Jokowi-Ma’ruf. Adakah hal yang baru dan istimewa atas keputusan itu? Menurut saya: tidak! Namun baiklah kita simak pernyataan resminya.

Referensi pihak ketiga

“Dengan ini kami mendukung pasangan nomor urut 01,” kata Yenny saat membacakan deklarasi di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Kalibata, Jakarta, Rabu (26/9) sebagaimana dikutip CNN Indonesia. Pernyataan dan keputusan Yenny jelas. Tak ada yang istimewa dari sikap itu. Bahkan wajar saja.

Nah, menurut saya, yang istimewa adalah ini. Sebelum menetapkan dukungan tersebut, Yenny membacakan suatu narasi mengenai pemimpin dan kondisi Indonesia saat ini. Ini istimewa sebab memberikan kerangka etis dan kredibel tentang keputusannya mendukung Jokowi-Ma’ruf.

Referensi pihak ketiga – CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Menurut Yenny, Pilpres 2019 adalah proses demokrasi yang akan mengantar mandat rakyat kepada pemimpin yang tepat. Lebih lanjut putri Presiden ke-4 RI itu menegaskan, pemimpin itu menggenggam kekuatan untuk membangun rasa bangga sebagai suatu bangsa.

Yenny Wahid juga mengatakan bahwa dii tangan pemimpin, takdir kita sebagai orang orang merdeka harus terjaga. Menurutnya, “pemimpin harus berada sangat dekat dengan rakyat. Kedekatan itu, lanjutnya, hanya bisa dibangun ketika seorang pemimpin mampu berpikir sederhana bahwa tugasnya adalah menghadirkan keadilan dan kesetaraan” (CNN Indonesia). Yenny pun menyatakan bahwa keadilan dan kesetaraan dari kesewenang-wenangan sesama warga negara yang sering mengatasnamakan agama tidak bisa diterima.

Referensi pihak ketiga

Demikian, sudah jelaslah keputusan serta dasar pijak etis politis Yenny Wahid. Meski dukungannya kepada Capres Jokowi-Ma’ruf merupakan hal yang wajar; namun dasar pijak dan paradigma yang dipergunakan untuk mengambil keputusan layak diapresiasi. Itulah pembelajaran yang bisa kita petik dari Yenny Wahid. Apa istimewanya? Yenny mendukung tak asal mendukung apalagi asal-asalan, melainkan dengan kredibilitas dan bahkan spiritualitas yakni keadilam dan kesetaraan! Itulah istimewannya! Salut! Bagaimana menurut Ucers?

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan CNN Indonesia (Rabu, 26/09/2018 15:50 WIB)

JoharT Wurlirang, 26/9/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3517799686806886?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.