Inspiration

Retret Imamat Mistikus Horisontal (3l: Sharing Teman Seiring

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam retret imamat bersama Romo L. Priyo Poedjiono SJ, kami diajak untuk sharing pengalaman rohani dalam kelompok kecil. Sehari sekali saja. Namanya sharing teman seiring.

Referensi pihak ketiga

Satu kelompok rerata lima orang imam. Sharing adalah salah satu bentuk Olah Rohani yang dapat menjadi kekayaan rohani kita. Namun ini hanya mungkin terjadi apabila sharing merupakan hasil pengolahan doa atau buah diskresi. Pusat sharing bukan diri sendiri melainkan perjumpaanku dengan Tuhan. Pusatnya adalah relasiku dengan Tuhan sebagaimana terjadi dalam hidup, karya dan kebersamaan kita dengan sesama dan semesta.

Sharing yang baik dan benar dilandasi sikap jujur, ikhlas, tulus, murah hati dan siap mendengarkan sesama. Mendengarkan sharing teman seiring menjadi kesempatan pula bagi kita untuk mendengarkan Tuhan sendiri yang seakan sedang berbicara bahkan bersabda kepada kita melalui teman, diri sendiri dan setiap peristiwa hidup kita.

Referensi pihak ketiga

Sharing juga menjadi dialog kontemplatif. Maka harus dilakukan dalam kelompok kecil. Isi sharing adalah pengalaman doa, bacaan rohani, dan refleksi pengalaman hidup. Dengan cara itu kita bisa saling memperkaya pengalaman rohani, membangun komunitas, melatih percakapan rohani, dan kepekaan hati.

Dalam sharing, kita melakukan tiga tahapan percakapan rohani. Pertama, masing-masing mengungkapkan pengalaman rohaninya. Kedua, para anggota mengungkapkan satu hal yang paling menyentuh hati atau memberi pencerahan rohani dari banyak hal yang didengarkan. Ketiga, mengungkapkan dengan satu kata atau frasa satu hal yang disampaikan dalam sharing putaran kedua dan yang dirasa paling dikehendaki Tuhan.

Referensi pihak ketiga

Demikian tentang sharing teman seiring. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Sumber: bahan sharing dari Rm. L. Priyo Poedjiono SJ (13/10/2018)

RR Gedanganak,16/10^2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2638435634496657?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.