Inspiration

Keren! Merajut Persaudaraan dalam Keberagaman Bersama Orang Muda Melalui Peristiwa Ini

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Selain kaderisasi OMK (orang muda Katolik) tiga hari dalam rangka HAK, Kom HAK KAS juga menyelenggarakan follow up kaderisasi itu dalam bentuk week-end (Sabtu-Minggu). Sejauh saya mencatat, ada tiga kali week-end yang kami selenggarakan. 

Referensi pihak ketiga bersama KH Muhaimin

Pertama, dengan peserta alumni kaderisasi dialog antaragama orang muda Katolik KAS, kami selenggarakan week-end di Wisma Kurnia Hati Kudus Yesus Tanah Mas pada tanggal 12-13 Mei 2012, mulai pukul 16.00 (Sabtu) hingga makan siang di Hari Minggunya. Tema yang kami renungkan adalah Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan OMK.

Week-end ini diikuti oleh total 148 peserta dengan rincian peserta 138 orang dN panitia 10. Yang menjadi nara sumber adalah Bapak Julius Kardinal Darmaatmaja SJ sendiri dengan topik “Iman Tanpa Perbuatan Mati” (pagi – siang) dan Sr. Yuli OSU dengan topik “Gerakan Aktif Tanpa Kekerasan” (sore – malam). 

Week-end ini terselenggara berkat sinergi antara Kom HAK KAS dan Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan dan didukung oleh Dewan Paroki Hati Kudus Yesus Tanah Mas (HKYTM). Kebetulan saya sebagai Ketua Kom HAK KAS sekaligus merangkap sebagai Pastor Paroki HKYTM. Pada Minggunya, selain OMK, peserta rekoleksi juga diikuti oleh sedikitnya 400 umat.

Kedua, Kom HAK KAS juga menyelenggarakan week-end Rekoleksi Persaudaraan Semesta bertempat di Pastoran Gereja St Fransiscus Xaverius Kebondalem, Jl. Gang Pinggir 62 Semarang. Week-end dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 11-12 Mei 2013. Week-end kali ini diikuti oleh 82 OMK dan 6 orang Suster Yunior PI dan serta beberapa orang muda dari Gereja Protestan. Masih ditambah lagi 17 orang muda Islam terlibat dalam acara tersebut dan sejumlah peserta dewasa yang datang dan pergi (tidak menginap).

Referensi pihak ketiga

Total peserta sekurang-kurangnya sebanyak 127 orang meliputi orang muda Katolik, Protestan, Islam, Suster Yunior PI dan Umat. Peserta OMK datang dari paroki Baturetno, Kebonarum, Kleco, Purbowardayan, Sendangguwo, Sambirata, Bongsari (15 orang dari Krapyak, Panjangan, Manyaran), Katedral, Gedangan, Tanah Mas, Ungaran, Atmodirono, Kudus, Jetis, Temanggung, dan Kebon Dalem sendiri. Dalam week-end ini, saya sendiri bertindak sebagai nara sumber yang pada waktu itu juga merangkap sebagai Pastor Paroki Kebon Dalem. Dalam rangka kasih ekologis, dalam week-end ini, kami juga menghadirkan Cornelius Widodo Utomo, MSc sebagai nara sumber.

Dalam refleksi saya, dengan tema tersebut, kami mau belajar beriman mendalam dan tangguh dengan memperhatikan konteks hidup bersama di tengah pluralitas dan memperhatikan keutuhan ciptaan serta pelestarian lingkungan hidup. Tiga hal mau kami sadari, renungkan dan praktekkan: 1) semakin beriman mendalam dan tangguh (relasi dengan Sang Pencipta dan Kristus); 2) mengembangkan dialog antariman dan gereja (relasi dengan sesama) dan 3) memberi perhatian pada keutuhan ciptaan (relasi dengan semesta).

Dinamika week-end terjadi melalui proses sebagai berikut. Sabtu, 11/5, kami mengawali rekoleksi dengan pengantar dan perkenalan; kami membaca dokumen Nostra Aetate dan sharing pengalaman interreligius. Bagian ini kami laksanakan di ruang 1 pastoran Kebon Dalem. Pada pkl 21.00, kami berpindah ke jembatan yang kami setting untuk praksis dialog melalui jalur seni n budaya. Pada kesempatan ini, group kasidahan “Bita” dari IAIN Semarang berkolaborasi dengan OMK Kebon Dalem yang membawakan tarian “Ganen de Xin” (Syukur atas Iman) dan “Everyone is number one!”. Acara ini ditutup dengan nyanyi bareng bersama para Suster PI dalam lagu “Bermacam-macam tapi satu” sambil menari yang memuncak pada keheningan doa dan adorasi (sesi ini dipimpin Fr. Andika – TOPer yang tinggal di Kebon Dalem).

Referensi pihak ketiga

Minggu, 12/5; setelah sarapan, kami merayakan Ekaristi bersama umat Kebon Dalem di gereja. Setelah misa, acaranya adalah belajar mencintai alam dan memanfaatkan lingkungan serta pemanfaatan lahan secara optimal untuk tanaman. Untuk ini, kami mendapat pencerahan dari Bp. Widodo, KSY dari Salatiga. Para peserta tampak antusias mengikuti sesi ini, sama seperti antusiasme mereka saat mengikuti sesi-sesi tadi malam.

Sejenak kami istirahat untuk kemudian merancang RTL (rencana tindak lanjut) setelah week-end ini. Sebelum RTL kami buka sesi tanya-jawab. Sejumlah pertanyaan diajukan oleh peserta seputar pemahaman apa itu Gereja Ortodoks, Anglikan dan bedanya dengan Katolik Roma; bagaimana merajut dialog, sikap agama lain bagaimana, apa yang perlu dipersiapkan untuk dialog?

Pada sesi terakhir, RTL, peserta sepakat untuk mengadakan pelatihan di Salatiga, basisnya Pak Widodo, KSY dan live in di sana, pada Juli mendatang; mereka juga merancang hal-hal konkret yang bisa dilakukan di komunitas masing-masing; misalnya: mengadakan seminar persaudaraan semesta, penanaman pohon, menanam sayur-mayur vertikultur, mengajak umat untuk melestarikan lingkungan dengan penghijauan, pertandingan olah raga lintasagama, anjangsana remaja masjid, pemilahan sampah organik dan nonorganik, mengelola parkir bersama warga lintasagama. Itulah beberapa contoh yang dirancang oleh OMK sebagai RTL.

Referensi pihak ketiga

Akhirnya, berikut ini adalah semacam konklusi atas rangkaian kaderisasi dialog interreligius dari angkatan ke 1-4 melalui Reuni Promotor Persaudaraan Sejati. Reuni dilaksanakan di Gua Maria Kerep Ambarawa, tanggal 19-21 Juli 2013. Dalam reuni ini, kami selenggarakan beberapa kegiatan. Yakni kunjungan ke Qaryah Thayyibah Kang Bahruddin di Tingkir dan Widodo Farm Salatiga. Kecuali itu, hadir pula nara sumber dari tokoh muda Islam yakni dari eLSA, Tedi Kholiludin yang berbagi hasil Pantauan Kebebasan Berkeyakinan di Jawa Tengah dan DIY.

Reuni melibatkan alumni peserta Promotor Persaudaraan Sejati (Propers) I-IV, Pelatihan Pengemban Persaudaraan Sejati (Pempers), Rekoleksi Interreligius, Rekoleksi Active non Violence (ANV), maupun Rekoleksi Persaudaraan Semesta. Sasarannya untuk menguatkan komitmen dialog para alumni pelatihan tersebut. Reuni Akbar Promotor Persaudaraan Sejati ini menjadi persiapan menuju Kongres Persaudaraan Sejati Lintas Agama di Muntilan. Dengan demikian bisa dikatakan acara ini merupakan kaderisasi lanjutan untuk OMK angkatan I-IV dan rekoleksi-rekoleksi/week-end yang telah dilakukan sebelumnya (2009 – 2013). Dalam perjumpaan kali ini ditambahkan praksis dialog dalam rangka pelestarian keutuhan ciptaan, sesuai dengan fokus ARDAS 2011-2015.

Reuni kami beri judul dan tema “Ngumpulke Balung Pisah” sebab dalam lima tahun para peserta kaderisasi sudah tersebar di berbagai tugas dan tempat. Tujuan reuni ada 7 yakni: 1) Memperkokoh tali persaudaraan para alumni. 2) Menyiapkan Orang Muda Katolik dalam membangun dan mengembangkan persaudaraan sejati yang menembus sekat-sekat perbedaan agama dan kepercayaan. 3) Menyiapkan Orang Muda Katolik untuk menjadi pelaku-pelaku dialog lintas iman setelah mengikuti pelatihan sebelumnya. 4) Menanamkan kesadaran Orang Muda Katolik untuk menghormati perbedaan. 5) OMK diajak berpikir kritis akan ke-bhineka-an. 6) Menciptakan ruang pembelajaran bersama. 7) Menyegarkan komitmen membangun persaudaraan sejati

Meski tak sesuai target secara kuantitas, hanya diikuti 53 peserta dari 80 targetnya, kami tetap bersyukur sebab 53 peserta yang hadir ini sudah teruji oleh berbagai pengalaman dan tetap setia dalam komitmen. Itu tidak berarti bahwa yang tidak hadir tidak setia, sebab mereka yang tidak bisa hadir juga memiliki alasan yang kuat oleh sebab bersamaan dengan jadwal lain yang harus mereka lakukan.

Itulah refleksi merajut persaudaraan dalam keberagaman sebagaimana kami lakukan bersama OMK dan Orang Muda Lintas Agama dalam lima tahun pertama bertugas sebagai Ketua Kom HAK.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.*** (bersambung)

JoharT Wurlirang, 9/11/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Majalah INSPIRASI, Lentera yang Membebaskan Th XIV Juni 2018, h. 44-47

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2522464213353485?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.