Inspiration

Malam Penuh Barokah, Sesederhana Itu!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Saat saya bangun dari istirahat sore sesudah lelah, kubaca pesan dari saudara, sahabat dan rekan saya Lukas Awi Tristanto yang mengabarkan bahwa Bapak Menteri Agama Republik Indonesia, Lukma Hakim Saifuddin mencari diriku melalui Romo Agus yang bertugas sebagai Sekretaris Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Konferensi Waligereja Indonesia (Rabu, 31/10). Saya pun segera berkontak dengan Romo Agus. Tak lama sesudah itu, justru Bapak Menteri Lukman Hakim mengirim pesan padaku melalui WA.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Saya dan Pak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Masjid Ponpes Salafiah Az-Zuhri Semarang, 11Februari 2018 yang lalu

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin:

Romo Aloys Budi Purnomo Yth, Pada tanggal 2-3 Nop mendatang Kemenag akan adakan Sarasehan Reaktualisasi Relasi Agama dan Budaya di Indonesia, diikuti sekitar 25 agamawan dan budayawan, bertempat di Yogya. Saya amat berharap Romo bisa hadiri acara tersebut. Undangan resminya menyusul.

Terima kasih,

Lukman Hakim asaifuddin

Atas pesan tersebut saya menjawab: “Bapak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ytk., Terima kasih atas undangannya ini. Saya akan sowan bergabung dalam acara Sarasehan Reaktualisasi Relasi Agama dan Budaya di Indonesia di Yogya ini. Terima kasih,Salam hormat dan doa, aloys budi purnomo pr.”

Atas balasan saya itu Pak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menjawab pula: Terima kasih sekali, Romo…

Jawabku pula: “Kembali kasih, Pak Menteri. Sebuah kehormatan dan barokah saya dipun timbali untuk acara ini.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – Saya dan Pak Menteri Lukman Hakim Saifuddin di Jakarta dalam rangka Mubes Tokoh Agama Se-Indonesia (Februari 2018)

Jawab Pak Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin: Undangan akan kami kirim besok pagi, Romo.

Jawabku lagi: Injih, sendika dhawuh. Kawula tengga. Matur sembah nuwun. (Itu adalah bahasa Jawa halus yang dalam bahasa Indonesia seperti ini: Baiklah, saya taat melaksanakan. Saya tunggu. Terima kasih banyak.)

Bagiku, dialog itu menjadi barokah. Malam saat kami saling berkomunikasi dalam rangka agama dan budaya adalah berkah. Selama ini, saya selalu menggunakan strategi seni dan budaya sebagai media untuk membangun dialog dalam rangka kerukunan di tengah keberagaman agama dan budaya. Ibarat tumbu oleh tutup alias gayung bersambut.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr – saya dan Pak Menteri Lukman Hakim Saifuddin di Gedung Kebudayaan Stovia Jakarta dalam rangka persiapan Pesparani (8/8/2018)+

Sungguh inilah yang kusebut malam penuh barokah, sesederhana itu! Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Apa dan bagaimana Anda memandang malam penuh barokah dalam hidup Anda? Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JojarT Wurlirang, 01/11/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pengalaman pribadi

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3581992740294539?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.