Inspiration

Menikmati Kegembiraan Hari Ke-2 Puncak Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Hari kedua Puncak Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama se-Keuskupan Agung Semarang dibungkus dengan sub tema: gembira! Orang muda bergembira dalam keberagaman. Seperti apa rangkaiannya?

Referensi pihak ketiga

Pertama, sesudah aktivitas pribadi dari pagi hingga sarapan, para peserta mendapatkan inspirasi pemantik menuju era baru. Inspirasi itu dipantik dengan refleksi tentang zaman baru yang ditandai oleh era digital. Orang muda harus bijaksana menghayati era ini. Jangan terjebak dalam kebencian dan perpecahan oleh medsos. Gunakan medsos dan perangkat digital untuk kebaikan bukan keburukan.

Kedua, para peserta masuk le dalam kelas-kelas untuk mengikuti workshop tentang berbagai tema. Misalnya, mereka diajak untuk mendalami tema budaya, agama, kebangsaan, dan sosial-ekonomi-politik. Semua nara sumber adalah orang muda sendiri yang memiliki kompetensi dan passion dalam bidang terkait.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ketiga, orang muda di era milenial berada dalam bahaya tidak mengenal dolanan anak. Karenanya, peserta diajak untuk menikmati dolanan anak seperti egrang bathok, egrang bambu, gangsingan, dan engklek.

Keempat, para peserta pun diajak untuk membangun komitmen bagi masa depan yang beradab, bersaudara dan berbangsa dalam keberagaman. Semua itu dalam rangka merawat NKRI.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Kelima, acara malam ditandai dengan gelar seni dan budaya. Berbagai potensi seni dan budaya dihadirkan. Baik oleh komunitas profesional seperti Teater Jogya dan Jodo Kemil maupun komunitas Srawung Band. Yang istimewa adalah sajian dari komunitas seni budaya Srawung Kendal. Komunitas inj merupakan penampil terbaik dalam Prasrawung di Kendal dalam pendampingan Romo Sunaryadi Pr. 

Keenam, refleksi malam saya dampingi dengan kolaborasi sinergis bersama Komunitas Jimbe Wonogiri dan Gamelan Remaja Kontemporer Ungaran Candrakirana. Intinya, dari Sabang sampai Merauke, dari Aceh hingga Papua, mulai dari Semarang orang muda menggelorakan semangat Srawung Persaudaraan Sejati. Tarian Sufi dengan setia menyertai.

Itulah suasana hari kedua. Semua dibingkai dalam suasana gembira dan bersaudara!

Demikianlah. Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

UTC Semarang, 27/10/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber:

1. Refleksi pribadi atas pengalaman hari kedua Srawung

2. https: //srawung.id 

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1204462750843214?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.