Inspiration

Seni dan Budaya Sebagai Pintu Masuk Membangun Peradaban Kasih bagi Masyarakat Indonesia

Referensi pihak ketiga

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pada kesempatan sarasehan reaktualisasi relasi agama dan budaya di Indonesia yang diselenggarakan Kemenag RI di Omah Tembi Yogyakarta, inilah gagasan yang saya sampaikan.

Orisinil

Sebagaimana dilansir kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2018/11/03/terjadi-disrupsi-tafsir-agama di hadapan Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dan para agamawan serta budayawan pun cendekiawan yang hadir, saya membagikan gagasan yang berbasis pengalaman yang selama sepuluh tahun terakhir saya hidupi dalam rangka hubungan antar agama dan kepercayaan Keuskupan Agung Semarang. Gagasan yang berbais pengalaman itu adalah melalui seni budaya interreligius dan interkultural.

Orisinil

Bangsa kita kaya dengam ekspresi seni religi dan budaya Nusantara. Tiap-tiap agama memiliki kekayaan ekspresi seni demikian pula setiap suku. Maka kita memiliki khasanah seni religius, etnis dan nasionalitas yang kaya dan beragam. Itu menjadi pintu masuk untuk membangun persaudaraan, kerukunan dan keselarasan.

Orisinil

Di atas semua itu, bahkan seni budaya menjadi pintu masuk bagi terwujudnya peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat dan beriman, apa pun agama dan kepercayaannya. Gagasan yang saya sampaikan tersebut juga saya dukung dengan beberapa cuplikan tayangan dokumenter yang selama ini dikerjakan oleh Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaam Keuskupan Agung Semarang dalam sinergi dengam berbagai pihak. Itulah yang kami hayati dalam rasa syukur dan bahagia. Video-video yang saya lampirkan menjadi dokumentasi yang mendukung gagasan tersebut. Seni budaya sebagai pintu masuk merawat NKRI dan menjaga kerukunan bukanlah teori melainkan kenyataan yang sudah terbukti dan harus dilanjutkan dalam banyak kesempatan.

Referensi pihak ketiga

Berangkat dari pengalaman itu, maka, saya memgusulkan agar melalui seni budaya Kemenag juga berkenan membangun kerukunan dan peradaban kasih melalui seni dan budaya yang melibatkan banyak orang. Terima kasih kepada Mas Radhar Panca Dahana sebagai moderator yang memberi kesempatan kepada saya berbagi pengalamam pertama kali melalui beberapa tayangan pengalaman sebagai contoh good practises di tengah berbagai keprihatinan yang ada.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuham memberkati. Salam peradaban kasih.***

Baturetno, Wonogiri, 3/11/2018

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber:

1. https: //youtu.be/vXWUn6pCK68

2. https: //youtu.be/x_GIXY2oCOE

3. https: //youtu.be/A0BPsZ9ODJE

4. Kompas cetak (3/11/2018, h. 12)

5.https: //kompas.id/baca/humaniora/dikbud/2018/11/03/terjadi-disrupsi-tafsir-agama/

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2769060750986187?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.