Inspiration

Diajak Berziarah Kubur Oleh Seorang Kiai Haji, Begini Inspirasi Motivasi Pastor Satu Ini!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi kehidupan yang rukun dan damai bagi siapa saja yang bernurani bersih dan bernurani jernih. Yakinlah, sungguh inspirasi dan motivasi yang indah.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saat ditelpon oleh KH Husein Syifa’, pastor ini merasa sangat terharu dan terhormat. Ajakan, undangan dan tawaran itu langsung direspon secara positif sebagai inspirasi dan motivasi silaturahmi interreligius serta bermakna persaudaraan dalam rangka kebangsaan.

Meski hari pelaksanaan ziarah kebangsaan itu terhitung hari padat bagi pastor itu. Masalahnya, pagi hari, pastor itu harus meluncur ke Seminari Tinggi Jogyakarta untuk mengikuti rapat panitia pembangunan Rumah Kasepuhan untuk para Pastor Projo Keuskupan Agung Semarang. Itulah sebabnya, pastor itu meluncur dari Semarang menuju Seminari Tinggi Jogyakarta, Almamaternya, lalu dari Seminari Tinggi Jogya menuju Surakarta, tepatnya di Pondok Pesantren Al-Muayyad Mangkuyudan. Dari Pondok Pesantren itulah, ziarah dimulai.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Setiba di Pondok Pesantren, pastor itu disambut penuh kehangatan oleh sejumlah santri. Gus Husein, panggilan akrab KH Husein Syifa’ menyambut pastor itu dengan peluk cium persahabatan dan persaudaraan.

Begitulah, sebanyak 65 peserta berangkat naik bus dari Solo menuju Jombang. Di Jombang, tempat pertama yang dikunjungi adalah makam KH Abdurrahman Wahid atau kita kenal akrab sebagai Gus Dur, Presiden ke-4 Republik Indonesia, Pejuang Kemanusiaan dan Bapak Bhinneka Tunggal Ika.

Di Pondok Pesantren Tebu Ireng, tempat Gus Dur dimakamkan, rombongan disambut oleh Gus Ipud dengan ramah. Di situ juga dimakamkan KH Hasyim Asyari dan KH Wahid Hasyim. Sesudah itu, ziarah dilanjutkan menuju makam KH M Bisri Syansuri, di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif, Denanyar, Jombang. Di situ juga dimakamkan Nyai Hj Nur Khadijah, dan Nyai Hj Maryam.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dari Denanyar, rombongan meluncur menuju Tambakberas untuk berziarah ke makam KH Wahab Hasbullah. Di sini kami disambut oleh KH Wafiyul Ahdi. Kiai Haji muda yang ramah dan akrab disapa Gus Wafi yang adalah Ketua Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menyambut rombongan dengan jamuan kopi di dini hari, sebab rombongan baru tiba di Jombang pukul 00.23 WIB di Tebu Ireng, lalu lanjut ke Denanyar dan Tambakberas, hingga pukul 03.05 WIB.

Dari Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, rombongan meluncur menuju Ampel, untuk berziarah ke makam Sunan Ampel. Tiba di makam Sunan Ampel pukul 04.30 WIB. Dari Ampel rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bangkalan, Madura untuk berziarah ke Pesarean Syeich Cholil. Dari Bangkalan, rombongan meluncur menuju Blitar untuk berziarah ke makam Ir. Soekarno atau akrab disapa Bung Karno, Presiden I RI. Ziarah ditutup di Kediri, yakni berziarah ke Gus Miek, Kyai Ahmad Shiddiq (Makam Tambak) dan Kyai Mubasyir Mundzir (Bandar Kidul).

Demikianlah, diajak berziarah kubur kepada para tokoh bangsa yang dahsyat itu, pastor itu mendapatkan banyak inspirasi dan motivasi persaudaraan, nasionalisme dan kebersamaan yang saling meneguhkan. Apalagi, yang mengajak pastor itu adalah seorang Kiai Haji yang bertekad kuat melanjutkan spirit Gus Dur. Dan pastor itu adalah daku, Aloys Budi Purnomo Pr. Kunikmati semua dengan penuh syukur, meski semalam-malaman perjalanan tanpa tidur!

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Solo-Jombang-Ampel-Madura-Blitar, 9/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pengalaman pribadi berziarah kubur, ziarah kebangsaan 8-9/3/2019

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3207481318576598?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.