Inspiration

Dianugerahi Kesempatan Ini, Beginilah Yang Terjadi. Apakah Itu? Inilah Ceritanya

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dianugerahi kesempatan ini, beginilah yang terjadi. Apa itu? Setiap pasti mendambakan bahwa impian dan cita-citanya bisa diwujudkan. Tapi cita-cita yang satu ini bukan untuk per orangan melainkan untuk kemanusiaan dan kebangsaan. Apakah gerangan? Inilah kisah ceritanya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inilah yang terjadi di Unika Soegijapranata Semarang, yaitu penyerahan Surat Keputusan Menristekdikti Pembukaan Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter. Impian dan cita-cita ini sudah lama dirindukan. Maka, kesempatan ini menjadi anugerah. Anugerah itu kurumuskan dalam doa sebagai berikut, mengawali seluruh rangkaian upacara penyerahan SK tersebut.

“Ya Allah Bapa Semua Orang, Tuhan Yang Maha Esa. Kami bersyukur atas hari yang baik ini. Pada Hari Orang Sakit Sedunia ke-27 seturut tradisi Gereja Katolik ini, Unika Soegijapranata Semarang mendapat anugerah dari padaMu. Anugerah itu berupa Surat Keputusan Pembukaan Prodi Kedokteran dari Kemenristekdikti yang akan diserahkan sendiri oleh Bapak Menristekdikti Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. Seiring dengan itu, secara resmi Pembukaan Program Studi Sarjana Kedokteran & Profesi Dokter kami mulai. Untuk semua itu, kami bersyukur kepadaMu. Semoga anugerah ini kami pertanggungjawabkan dengan baik dengan mengembangkan talenta dan bakat kami untuk meyani bangsa kami dan umat manusia di negeri kami. Berkatilah seluruh rangkaian acara ini agar dapat berjalan dengan baik seturut kehendakMu. Kami persembahkan doa kami ini kepadaMu, dalam nama Yesus Kristus, Sang Penyembuh kami dari segala penyakit, kelemahan dan dosa, kini dan sepanjang masa. Amin.”

Doa itu kudaraskan pada kesempatan dianugrrahkannya SK Menristekdikti Pembukaan Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter yang dilaksanakan pada tanggal 11/2/2019.

Dianugerahi kesempatan berharga itu, beginilah tanggapan Rektor Unika Soegijapranata, Prof Dr Frederik Sanjaya. Menurutnya, peristiwa ini merupakan peristiwa bersejarah dan membahagiakan bagi seluruh Sivitas Akademika Unika Soegijapranata, yayasan, masyarakat, dan semua stakeholder yang selalu mendukung dan mendoakan akan datangnya keputusan ini. Harapannya, dengan Prodi ini, Unika Soegijapranata bisa menghasilkan lulusan dokter yang berkompeten dan memiliki rasa cinta pada tanah air, serta siap mengabdi di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) merupakan perjuangan yang akan dimulai sejak hari ini (11/2/2019). 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dalam sambutannya, Prof Ridwan mengatakan, “Namun kami yakin, kami tidak berjuang sendiri. Banyak kepala daerah, pengelola rumah sakit, pimpinan perguruan tinggi, ketua organisasi kemasyarakatan, dan keuskupan di berbagai tempat yang telah siap melanjutkan dukungan dan doa untuk perjuangan kami ini. Untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah dan akan selalu mendukung cita-cita kami. Bisa mewujudkan mimpi dan merancang cita-cita merupakan anugerah yang terbesar karena kami ada di negeri ini. Maka tidaklah berlebihan jika wujud terima kasih kami adalah menguatkan pondasi Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui pelayanan kami untuk bangsa ini, bukan hanya di Semarang, bukan hanya di Jawa Tengah, tetapi juga wilayah-wilayah Indonesia yang saat ini masuk dalam wilayah Tertinggal, Terdepan dan Terluar. Agar mereka juga dapat membangun dan merasakan layanan yang sama dengan yang telah kita rasakan saat ini. Dengan begitu, NKRI menjadi nyata dalam hidup mereka dan kita semua.

Melalui prodi kedokteran ini, kami dapat semakin komprehensif mendukung program pemerintah untuk memajukan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha promotif dan preventif. Beberapa kegiatan yang telah kami laksanakan sebelumnya, terkait dengan pengabdian masyarakat dan KKN sampai di wilayah terluar Indonesia, ke depannya dimungkinkan untuk dapat kami jalankan semakin komprehensif melalui keberadaan tenaga-tenaga yang berkompeten di bidang kesehatan.”

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dengan Penyerahan SK Menristekdikti serta Pembukaan Prodi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Prof Ridwan berharap, semoga dengan Surat Keputusan Pembukaan Prodi Kedokteran dari Kemenristekdikti dan didukung semua pihak, cita-cita ini dapat kembali terwujud dan selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Rangkaian acara ditutup dengan doa dan berkat oleh Uskup Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko. Semua tampak bahagia dengan anugerah ini. Terima kasih Pak Menristekdikti. Proficiat kepada seluruh Sivitas Akademika Unika Soegijapranata. Embanlah tugas itu dengan setia demi bangsa dan umat manusia.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga brrmanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 11/2/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pengalaman pribadi dan sambutan Rektor Unika Soegijapranata (11/2/2019)

Sumber
https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1261455140395671?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.