Inspiration

Inspirasi dan Motivasi Mengucapkan Trisatya Ketika Dilantik Jadi Andurohkat Kwarda Jateng

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi indah penuh berkah kebangsaan yang terjadi dalam rangka ritual pelantikan Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Pengurus Kwartir Daerah dan Dewan Kerja Daerah (Kawarda) Masa Bakti 2018-2023. Peristiwa penuh inspirasi dan motivasi ini terjadi di Gedung Gradika Gubernuran Jateng, Selasa, 5/3/2019. Bagaimanakah inspirasi dan motivasi itu?

Referensi pihak ketiga

Pertama, inspirasi dan motivasi itu mengalir dari Trisatya Pramuka yang diucapkan oleh semua yang dilantik, baik oleh Kakak-Kakak Mabida dan Kwarda serta adik-adik Dewan Kerja. Inilah isi selengkapnya Trisatya tersebut yang mendpbrak keharuan penuh kebanggaan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Trisatya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan Pancasila

2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat

3. Menepati Dasadarma

Kedua, tekad yang terumuskan dalam Trisatya itu diucapkan oleh seluruh pihak terlantik mulai dari Gubernur Jateng, Haji Ganjar Pranowo selaku Ketua Mabida bersama seluruh Forkompinda sebagai para Wakil Ketua yakni Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Condro Kirono, Pangdam Mochammad Effendi, dan seluruh jajaran Forkompinda Provinsi, Kota dan Kabupaten se-Jawa Tengah. Sungguh mengharukan saat menyaksikan dan mendengarkan para pejabat dan pelayan masyarakat tersebut mengucapkan Trisatya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Ketiga, tiba saatnya, ketika saya pun mengucapkan Trisatya yang sama bersama seluruh jajaran Pengurus Kwartir Daerah Jateng, rasa haru kian membuncah di dada. Dalam kesempatan itu, saya mendapat inspirasi dan motivasi luar biasa istimewa sebagai salah satu yang dilantik dalam disposisi sebagai Andurohkat yakni andalan utama kerohanian Katolik. Saya pun berdoa, semoga kami semua Kwarda Jateng bisa menghayati Trisatya tersebut sesuai tugas dan agama serta kepercayaan kami masing-masing. Amin, amin, ya Robiallamin.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Nah, itulah inspirasi dan motivasi saat mengucapkan Trisatya Pramuka. Semangat nasionalisme dan religiositas dalam keberagaman yang indah terpancar sangat kuat di dalamnya. Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam Pramuka. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 5/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pengalaman pribadi dilantik sebagai Andurohkat Krwarda Jateng (5/3/2019)

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2932765781892105?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.