Inspiration

Syahdu! Seorang Pastor Katolik Ikuti Tahlil di Makam Gus Dur, Apa Inspirasi & Motivasinya?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi indah ketika seorang Pastor Katolik mengikuti doa Tahlil di pusara makam seorang Kiai Haji Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. Apa dan bagaimana inspirasi dan motivasinya?

Orisinil

Saya Pastor Aloys Budi Purnomo Pr (biasa disapa Romo Budi) mendapat berkat dalam kebersamaan Ziarah Kebangsaan yang ditandai dengan Ziarah Kubur bersama H Husein Syifa’ dan Gusdurian Solo. Saya merasa terharu dan masuk dalam suasana syahdu ketika mengalaminya.

Memang, setiap kali mengikuti Haul Gus Dur di Ciganjur, saya sudah biasa mengalami suasana Tahlil dan Dzikir yang indah yang dilakukan oleh para Ulama, Habaib, Kiai Haji, Kiai, Haji dan para Sahabat Umat Islam. Namun, saat mengalaminya di makam Gus Dur di Jombang, suasananya sangat berbeda. Khas dengan keharuan dan syahdu.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inilah cuplikan suasana Tahlil di Pusara Makam Gus Dur di Kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang pada pukul 00.23 WIB, 9/3/2019. Saya sebagai Pastor ikut tahlil tersebut dalam paradigma kebangsaan berlandaskan Lumen Gentium 16 dan Nostra Aetate 2.

Jadi, inilah inspirasi dan motivasinya, yakni mengembangkan dan menghayati cara pandang positif terhadap agama lain, dalam hal ini agama Islam. Dasarnya adalah ajaran Gereja Katolik melalui Konsili Vatikan Ii terutama Lumen Gentium 16 dan Nostra Aetate 2. Diajarkan di sana bahwa Gereja Katolik tidak menolak apa pun yang baik, benar dan suci yang terdapat dalam semua agama dan budaya. Tahlil adalah tradisi budaya dan religius yang baik, benar dan suci dalam agama Islam.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 10/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refkeksi pengalaman pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/140058463777690?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.