Inspiration

Inspirasi Bersikap Taat kepada Allah, Gadis Remaja Ini Memberi Motivasi Rohani Bersukacita

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi ketaatan total seorang gadis remaja kepada Allah. Namanya Maria, berasal dari Nazaret. Nah, hidupnya memberi motivasi untuk selalu bersukacita di tengah duka nestapa kehidupan ini dengan cara bersikap taat kepada Allah. Bagaimana persisnya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah yang dikisahkan dalam Bacaan Liturgi 25 Maret 2019 pada Hari Raya Kabar Sukacita Bacaan Injil Lukas 1:26-38. Mari kita baca dan renungkan.

Dalam bulan yang keenam Allah mengutus malaikat Gabriel ke sebuah kota di Galilea, bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

Ketika masuk ke rumah Maria, malaikat itu berkata, “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.” Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya, “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya. Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya, dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”

Kata Maria kepada malaikat itu, “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?” Jawab malaikat itu kepadanya, “Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, dan inilah bulan yang keenam bagi dia yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil.”

Maka kata Maria, “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; terjadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia. (Lukas 1:26-38)

Referensi pihak ketiga

Dalam Liturgi Gereja Katolik, peristiwa yang diwartakan dalam Injil Lukas itu adalah dirayakan sebagai Hari Raya Kabar Sukacita. Yang menerima Kabar Sukacita adalah Perawan Maria. Sukacita yang membuncah dari ketaatannya menyanggupi panggilan dan pilihan Allah untuk mengandung dan melahirkan Putra Allah Yang Maha Tinggi dan sudah diberi nama yakni Yesus.

Ketaatan itu tak hanya berbuah sukacita bagi Maria melainkan juga bagi semua orang yang percaya dan belajar taat seperti Maria. Itulah indahnya inspirasi dan motivasi dari Perawan Maria. Taatnya dalam frasa “Fiat voluntas Tua!” mendatangkan sukacita!

Referensi pihak ketiga

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih***

JoharT Wurlirang, 24/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pribadi terinspirasi Lukas 1:26-38

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1154686948355644?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.