Inspiration

Menyesal dan Bertobat, Lalu Bersiaplah Menerima Rahmat dan Berkat, Mengapa dan Bagaimana?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi untuk menyesal dan bertobat. Sesudah itu bersiaplah menerima rahmat dan berkat. Mengapa dan bagaimana? Inilah jawabannya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Jawabannya ada dalam Bacaan Liturgi 29 Maret 2019 Hari Biasa Pekan Prapaskah III Bacaan Pertama Nubuat Hosea 14:2-10. Inilah selengkapnya.

Beginilah firman Allah, “Bertobatlah, hai Israel, kepada Tuhan Allahmu, sebab engkau telah tergelincir karena kesalahanmu. Datanglah membawa kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada Tuhan. Berserulah kepada-Nya: ‘Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami. Asyur tidak dapat menyelamatkan kami; kami tidak mau mengendarai kuda, dan kami tidak akan berkata lagi ‘Ya, Allah kami’ kepada buatan tangan kami. Karena Engkau menyayangi anak yatim.’

Beginilah firman Tuhan: Aku akan memulihkan mereka dari penyelewengan, Aku akan mengasihi mereka dengan sukarela, sebab murka-Ku telah surut dari pada mereka. Aku akan menjadi seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti pohon hawar. Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon.

Mereka akan kembali dan diam dalam naungan-Ku; mereka akan tumbuh seperti gandum. Mereka akan berkembang seperti pohon anggur, yang termasyhur seperti anggur Libanon. Efraim, apakah lagi sangkut paut-Ku dengan berhala-berhala? Akulah yang menjawab dan memperhatikan engkau! Aku ini seperti pohon sanobar yang menghijau, dari pada-Ku engkau mendapat buah.

Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang budiman, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan Tuhan adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ. (Nubuat Hosea 14:2-10)

Intinya adalah penyesalan dan pertobatan atas segala kesalahan dan dosa. Penyesalan yang diikuti pertobatan mendatangkan rahmat dan berkat dalam kehidupan. Bertobat berarti kembali ke naungan kerahiman Tuhan. Bersiaplah menerima pelukan kerahiman yang penuh kehangatan, ramhat dan kasih.

Bagaimana menurur UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Wisma Elika Bandungan, 29/3/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Nubuat Hosea 14

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2944711811217144?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.