Inspiration

Inspirasi Iman, Harapan dan Kasih Berdasarkan Kebangkitan, Bagaimanakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Hari ini, 21/4/2019, adalah Hari Raya Paskah, kenangan atas hidup baru Yesus Kristus sesudah sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inspirasi ini bisa kita renungkan berdasarkan Bacaan Liturgi 21 April 2019 Hari Raya Paskah Kebangkitan Tuhan Injil Yohanes 20:1-10. Mari kita baca dan renungan.

Pada hari pertama minggu itu, pagi-pagi benar ketika hari masih gelap, pergilah Maria Magdalena ke kubur itu dan ia melihat bahwa batu telah diambil dari kubur. Ia berlari-lari mendapatkan Simon Petrus dan murid yang lain yang dikasihi Yesus, dan berkata kepada mereka: “Tuhan telah diambil orang dari kuburnya dan kami tidak tahu di mana Ia diletakkan.” Maka berangkatlah Petrus dan murid yang lain itu ke kubur. Keduanya berlari bersama-sama, tetapi murid yang lain itu berlari lebih cepat dari pada Petrus sehingga lebih dahulu sampai di kubur. Ia menjenguk ke dalam, dan melihat kain kapan terletak di tanah; akan tetapi ia tidak masuk ke dalam. Maka datanglah Simon Petrus juga menyusul dia dan masuk ke dalam kubur itu. Ia melihat kain kapan terletak di tanah, sedang kain peluh yang tadinya ada di kepala Yesus tidak terletak dekat kain kapan itu, tetapi agak di samping di tempat yang lain dan sudah tergulung. Maka masuklah juga murid yang lain, yang lebih dahulu sampai di kubur itu dan ia melihatnya dan percaya. Sebab selama itu mereka belum mengerti isi Kitab Suci yang mengatakan, bahwa Ia harus bangkit dari antara orang mati. Lalu pulanglah kedua murid itu ke rumah. (Yohanes 20:1-10)

Menarik sekali merenungkan Injil hari ini. Sesudah perjuqngan yang rumit, Yohanes, Petrus dan Maria Magdalena pada akhirnya memiliki keyakinan iman yang tidak bisa tergoyahkan dalam hal Kebangkitan Yesus Kristus. Bahkan mereka pun menjadi utusan Kebangkitan yang menjadi dasar iman Kristiani.

Pertama-tama mereka melihat makam kosong, yakni makam tempat jenazah Yesus dibaringkan. Selanjutnya, mereka pun melihat dan menyentuh Yesus Kristus yang bangkit. Semua ini menumbuhkan refleksi dan kesadaran yang tumbuh serta mendorong iman akan Kebangkitan. 

Kebangkitan Yesus Kristus adalah peristiwa terbesar dalam sejarah keselamatan. Seluruh dunia pun berputar di sekitar Salib, tetapi hanya di dalam kebangkitanlah Salib mencapai signifikansi sepenuhnya dari peristiwa keselamatan. 

Salib dan Kebangkitan merupakan satu misteri Paskah, tempat sejarah dunia berpusat. Paskah merupakan Hari Raya terbesar dalam Gereja dan Umat Kristiani, apa pun denominasinya. 

Tuhan bekerja dengan cara yang sama dalam hidup kita di zaman now. Pertama, ada pengalaman hidup yang kita jalani: orang yang kita jumpai, keadaan yang kita hadapi, dan peristiwa yang terjadi dalam hidup kita. Lalu kedua, muncullah kesadaran dan refleksi tentang apa artinya semua itu. Ketiga, iman, harapan dan kasih pun tumbuh dan berkembang, bahkan berbuah dalam kebaikan, kedamaian dan kesejahteraan.

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 21/4/2019

SELAMAT PASKAH

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2558621532125889?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.