Inspiration

Tuhan Hadir dalam Segala Peristiwa, Juga Peristiwa Alam

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi mengalami kehadiran Tuhan dalam segala peristiwa, termasuk peristiwa alam. Bagamana pengalamannya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dipandu oleh Mas Abdi, Mas Yayan dan Mas Wildam, sebelas Romo plus Pak Handoyo mendaki menuju puncak Gunung Ijeng. Rencana semula, kita hendak turun ke Kawah Ijen. Namun, atas saran Mas Abdi, kita menapak tinggi menuju puncak untuk menanti dan menikmati terbitnya matahari (sunrise).

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Saat menikmati matahari terbit, spontan saya berseru, “Ya Tuhan, sudilah membuka bibirku. Supaya mulutku mewartakan pujianmu!” Dalam semburat indah warna merah di langit, kami memandang kuasa karya Tuhan yang menerbitkan matahari bagi semua orang tanpa diskriminasi. Semua mensyukuri dan menikmatinya dengan bahagia.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Sepanjang perjalanan menuju puncak yang dipilih untuk menikmati sunrise kami menikmati kebersamaan dengan begitu banyak rombongan. Meski tak saling kenal, kami tetap saling memberi ruang, jalan dan sapaan. Minimal ucapan, “Hai!” Atau “Helo!” Atau “Selamat malam!” Atau “Permisi!” Bahkan juga terucap kata “Maaf!” ketika sorot senter kami saling mengenai wajah tanpa sengaja! Di sinilah kami mengalami kehadiran Tuhan Yang Maha Esa sebagai Sang Pencipta tanpa diskriminasi.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Pada momen lain kami memandang asap yang mengepul dari aliran sumber belerang. Dan di bawah sana tampak hamparan hijau laksana lautan dan pantai di antara dinding-dinding tembok karang Gunung Ijen. Dari atas kami berfoto dalam berbagai gaya namun tetap dalam suasana syukur indah mengalami hadirat Tuhan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dan yang terpenting adalah kebersamaan yang indah dalam persaudaraan di antara para romo. Akrab dalam canda, tak ada rasa menghina atau terhina, selain keakraban dan persaudaraan. Dalam hal ini Romo Jack Joko Poer dan Romo Heri berjasa untuk membuat skenario dan memotret kebersamaan tersebut.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Foto-foto yang terlampir sebagai ilustrasi tulisan ini menjadi dokumentasi yang berharga. Perhatikanlah kebersamaan yang membawa sampai pada hadirat Tuhan baik dalam pristiwa alam maupun persaudaraan.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Bagaimana menurut UCers Sahabat Peradaban Kasih? Semoga bermsnfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Bandara Juanda Surabaya, 25/4/2019

BERKAH DALEM

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3613976225710887?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.