Inspiration

Apakah Kamu Mengasihi Aku? Gembalakanlah Domba-Ku!

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Yesus Kristus telah memercayakan tugas perutusan kepada Petrus. Tentu Yesus berharap agar Petrus melakukannya dengan baik. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Itulah makna dari sabda Yesus kepadanya, “Apakah kamu mengasihi Aku? Gembalakanlah kawanan domba-Ku!” Sabda itu disampaikan sesudah Petrus membuktikan dirinya tidak layak; yakni sesudah ia menyangkal Yesus tiga kali di rumah Imam Besar pada malam Yesus diserahkan. 

Bahkan ketika Yesus sangat membutuhkannya, Petrus berpaling dari-Nya. Apa tanggapan Yesus? Apakah dia mengambil posisi kepemimpinan dari Petrus dan memberikannya kepada orang lain?Bukankah dibandingkan Petrus, Yohanes menunjukkan bahwa ia lebih cocok untuk menjadi pemimpin para rasul, menjadi batu karang yang dapat dibangunkan Yesus oleh Gereja-Nya? Dia tidak pernah melarikan diri atau menyangkal Yesus, bahkan ketika Imam Besar, yang mengetahui bahwa Yohanes juga seorang murid, dapat dengan mudah membunuhnya bersama dengan Yesus. 

Namun Yesus tidak membatalkan perutusan itu dari Petrus dan apalagi memberikannya kepada Yohanes. Sebaliknya, Yesus memandang Petrus lagi dan mengungkapkan kepercayaan-Nya kepadanya. Ini yang terpenting.

Dan Petrus melaksanakan tugas perutusan itu dengan segala perjuangannya sampai akhir sebagai martir. Meskipun jatuh bangun. Tetap semangat meski kadang tampak sekarat!

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Belikrejo, Gambiranom, 5/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 05 Mei 2019 Hari Minggu Paskah III Bacaan Injil Yohanes 21:1-19

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3308735678984857?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.