Inspiration

Indahnya Kebersamaan dalam Kolegialitas Persaudaraan Ini

Referensi pihak ketiga

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi dan motivasi indahnya kebersamaan dalam kolegialitas persaudaraan para pastor yang bergabung dalam Paguyuban Unio, yakni persekutuan paguyuban para Romo Projo Keuskupan Agung Semarang. Ini lebih khusus lagi yakni Unio Komisariat Semarang.

Referensi pihak ketiga

Setiap tahun, kami para romo memang mendapat jatah dan berhak untuk liburan bersama. Biasanya kesempatan itu diambil sesudah pelayanan besar selama Masa Prapplaskah hingga Paskah. Sejak masa Prapaskah, para romo sudah disibukkan dengan pelayanan Sakramen Tobat bagi umat. Duduk berjam-jam, hampir setiap hari mendengarkan dan menjadi saksi pertobatan Umat sekaligus saksi pengampunan dan kemurahan hati Tuhan. Puncaknya adalah pelayanan Pekan Suci dari Minggu Palma hingga Minggu Paskah. Secara fisik, hal ini memang membuat lelah. Maka, perlulah refreshing.

Referensi pihak ketiga

Tolong, Umat jangan salah paham tentang hal ini, seakan-akan para romo hendak berfoya-foya. Hal ini sudah diatur dalam rangka kesejahteraan dan kesehatan tentu saja. Memang ini adalah hak bukan kewajiban. Boleh diambil boleh tidak. Boleh ikut boleh tidak. Beaya ditanggung sendiri oleh komunitas atau dibantu komunitas lain yang bersemangat solider pada yang lain. Inilah baguan dari kebersamaan dalam kolegialitas.

Referensi pihak ketiga

Dalam rangka itulah, maka komisariat-komisariat biasa mengatur liburan bersama. Demikian pula komisariat Semarang. Kami liburan ke Banyuwangi (22-26/4). Naik bus kecil berdelapan belas. Perjalanan Semarang – Banyuwangi membutuhkan waktu sekitar 12 jam dengan kendaraan tersebut diselingi beberapa kali istirahat toilet stop dan makan malam serta makan pagi. Kami tidur di bus, bagi yang bisa tidur hehehe.

Referensi pihak ketiga

Dalam semuanya itu kami bergembira bersama sebagai sesama rekan imam. Inilah kebersamaan persaudaraan kolegialitas dalam hal rekreasi di samping kolegialitas saling membantu dalam pelayanan. Indah bukan?

Referensi pihak ketiga

Semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Referensi pihak ketiga

JoharT Wurlirang, 29/4/2019

BERKAH DALEM

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1693974954345509?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.