Inspiration

Inspirasi Permainan Keterlibatan Sinergis

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah inspirasi yang saya sebut sinergistical game yang saya terapkan untuk mengawali sesi berbagi pengalaman keterlibatan sinergis dalam keberagaman dalam Gladi Rohani X Campus Ministry Unika Soegijapranata di Bandungan (Sabtu, 11/5/2019). Bagaimana penjelasannya?

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Dalam permainan itu, seorang peserta harus bertanya kepada satu peserta lain (cowok kepada cewek dan sebaliknya). Rumusan pertanyaannya, “Maukah kamu bersinergi denganku?” Yang ditanya harus menjawab, “Yes or No!” 

Kalau jawabannya “Yes!” maka penanya bertanya lebih lanjut, “Dengan siapa saja? Jawabannya dalam bentuk simbol yang melibatkan minimal dua orang yang ada. Misalnya, “Yang berambut gondrong” atau “Yang berkacamata” atau “Yang bercelana jin” dan seterusnya. 

Jawaban diberikan secara lantang. Semua peserta mendengar. Dan semua yang terkoneksi dengan jawaban itu harus pindah tempat duduk, tidak boleh menempati kursi yang sama. Pasti riuh, ramai, meriah, berebut kursi, asyik! 

Nah, kalau jawabannya “No” maka semua tanpa kecuali harus pindah tempat. Ini makin riuh dan heboh karena semua berebut kursi! Bisa ada yang bertabrakan, jatuh, dan seterusnya.

Dalam permainan ini peserta sebaiknya atau bahkan seharusnya duduk di kursi. Jumlah kursi persis sama dengan banyaknya peserta. Di salah satu kursi itulah nantinya saya akan duduk sehingga selalu akan ada peserta yang berdiri untuk bertanya kepada satu peserta lain. Saya ikut dalam permainan itu dan siap ditanya siap menjawab pula bahkan siap bertanya bila ternyata saya tidak mendapat tempat duduk karena kalah cepat dengan yamg lain.

Dalam permainan ini dibutuhkan kecerdasan, kecermatan, kecepatan, kepekaan dan kreativitas membaca keunikan peserta maupun kelompok. Makin kreatif makin heboh. Makin cerdas, cermat dan cepat serta peka, yakinlah akan aman dan tak akan pernah tidak mendapatkan tempat duduk.

Demikian, terima kasih. Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 13/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3038219676219945?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.