Inspiration

Luar Biasa Sabda Ini bagi Kami, Sabda Yang Mana dan Seperti Apakah?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inspirasi sabda ini masih menarik untuk direnungkan dari sisi pengalaman personal ini. Sabda itu meneguhkan pengalaman saya sebagai seorang pastor Katolik yang salah satu tugas pelayanan kami adalah memimpin dan mempersembahkan Perayaan Ekaristi.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Inilah sabda yang inspiratif itu. Sabda Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi.” (Yohanes 6:35)

Sabda ini amat penting bagi saya dalam rangka pelayanan imamat terutama saat melayani umat melalui Perayaan Ekaristi. Pada saat persembahan, ada doa atas roti yang dipersiapkan. Doanya begini. “Terpujilah Engkau ya Allah semesta alam, sebab dari kemurahan-Mu-lah kami menerima roti yang kami persiapkan ini. Inilah hasil bumi dan usaha manusia, yang bagi kami akan menjadi Roti Kehidupan.” 

Wow, doa ini terasa amat dahsyat bila ditempatkan dalam Sabda Yesus tersebut. “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi.” (Yohanes 6:35)

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Roti Kehidupan yang dianugerahkan Tuhan dihayati melalui roti tanpa ragi berupa hosti yang dibuat oleh tangan manusia namun disucikan oleh Tuhan sendiri. Bahkan roti itu diberkati dalam konsekrasi yang mengubah substansinya melampaui substansi duniawi menjadi surgawi. Itulah sebabnya terjadilah yang disebut transubstantiatio, yakni perubahan dari roti biasa menjadi Roti Kehidupan, Tubuh Kristus sendiri. Hal yang sama terjadi dengan anggur yang dipersiapkan untuk diubah menjadi minuman rohani, Darah Kristus sendiri.

Semua itu terjadi seturut kehendak-Nya, bukan akal-akalan manusia. Maka, di sanalah terlaksana Sakramen Ekaristi, tanda dan sarana kasih Tuhan yang menyelamatkan melalui Roti Kehidupan. Mengapa? Sebab, sabda Yesus, “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepadaKu, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepadaKu, ia tidak akan haus lagi.” (Yohanes 6:35)

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Begitulah sabda itu meneguhkan dan menguatkan saya dalam melayani umat melalui Perayaan Ekaristi. Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 7/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Yohanes 6:35

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/628291207903649?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.