Inspiration

Peradaban Kasih Ekologis, Pertobatan Ekologis Tak Hanya Personal Melainkan Komunal (5)

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah kelanjutan inspirasi pertobatan ekologis dari Laudato Si’ yang ditulis Paus Fransiskus.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

“Namun, untuk menanggulangi situasi yang begitu kompleks seperti yang dihadapi dunia saat ini, tidak cukup bahwa masing-masing individu memperbaiki diri. Individu sendirian dapat kehilangan kemampuan dan juga kebebasan mereka dalam usaha mengatasi pola pikir utilitarian, dan akhirnya jatuh korban pada konsumerisme tanpa etika dan tanpa dimensi sosial atau ekologis. Masalah sosial harus diatasi oleh jaringan masyarakat dan tidak hanya oleh jumlah total kontribusi positif individual: “Tuntutan-tuntunan pekerjaan ini begitu besar sehingga tidak dapat diselesaikan oleh inisiatif individual, atau oleh sekumpulan pribadi-pribadi yang dididik secara individualistik. Diperlukan gabungan kekuatan dan kesatuan usaha”. Pertobatan ekologis yang diperlukan untuk menciptakan suatu dinamisme perubahan yang berkelanjutan, juga merupakan pertobatan komunal.” (Laudato Si’ 219)

Pertobatan ekologis bukan soal individual personal meski harus dimulai dari masing-masing pribadi. Karenanya, dibutuhkan kerja sama demi pertobatan bersama. Krisis ekologi yang terjadi sudah amat dahsyat dan darurat. Maka, pertobatan ekologis harus dilakukan bersama-sama seluruh Umat dan Masyarakat.

Perlu dibuat bahkan harus ada jaringan pertobatan ekologis. Itulah yang disebut pertobatan komunal namun harus tetap ditopang oleh pertobatan personal. Gerakan bersama pertobatan komunal itulah yang akan memberi ruang dan kemungkinan melakukan praksis peradaban kasih ekologis secara ekumenis-interreligius sebagai buah pertobatan ekologis dalam kehidupan bersama.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 29/5/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Laudato Si artikel 219

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2415280076345356?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.