Inspiration

Peradaban Kasih Ekologis, Buah Pertobatan Ekologis (11)

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam ensiklik Laudato Si’ (LS) artikel 205, Paus Fransiskus memberikan seruan yang memberi konteks pentingnya pertobatan ekologis di tengah kehidupan semesta yang sedang ditimpa krisis.

Referensi pihak ketiga

“Namun, semuanya tidak hilang, karena manusia yang bisa merosot secara ekstrem, juga mampu bangkit melampaui dirinya, memilih kembali yang baik dan membaharui dirinya, melampaui segala kondisi mental dan sosial yang didesakkan padanya. Manusia mampu melihat diri sendiri dengan jujur, mengungkapkan ketidakpuasannya, dan memasuki jalan baru menuju kebebasan sejati. Tidak ada sistem yang sepenuhnya dapat meniadakan keterbukaan untuk kebaikan, kebenaran dan keindahan, maupun kemampuan untuk memberi tanggapan yang terus ditimbulkan oleh Allah dari dalam lubuk hati manusia. Saya meminta setiap orang di dunia ini agar tidak melupakan martabatnya. Tidak ada yang memiliki hak untuk mengambilnya dari kita.​” (LS 205)

Dalam teks ini, saya membaca dan menemukan gagasan dasar tentang pertobatan ekologis. Paus Fransiskus memberikan pengharapan bahwa kita bisa memilih kembali yang baik dan membaharui diri kita melalui segala kondisi mental dan sosial yang didesakkan kepada kita.

Tidak ada sistem yang sepenuhnya dapat meniadakan keterbukaan untuk kebaikan, kebenaran dan keindahan maupun untuk menanggapi terus-menerus panggilan Allah dalam lubuk hati kita untuk bertobat, juga dalam hal ekologi. Inilah martabat terbaik kita, yakni kembali kepada panggilan Allah. Tak seorangpun berhak merampasnya dari kita.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.​***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 17/6/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Laudato Si artikel 205

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/4040768937741950?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.