Inspiration

Praksis Peradaban Kasih Ekologis, Buah Pertobatan Ekologis, Pasti Berbuah & Mengubah (17)

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Inilah catatan reflektif lanjutan atas Laudato Si’ (LS) sebagaimana disampaikan Paus Fransiskus. Kita sampai pada LS 212. Awas jangan terkecoh dengan angka 212 ya hehehe. Beginilah tulis Paus Fransiskus selengkapnya.

Referensi pihak ketiga

“Janganlah kita berpikir bahwa upaya ini tidak akan mengubah dunia. Tindakan-tindakan ini menyebarkan di masyarakat suatu kebaikan yang selalu menghasilkan buah di luar apa yang bisa kita lihat, karena menimbulkan suatu kebaikan di bumi yang cenderung menyebar terus, meskipun kadang-kadang tak terlihat. Selain itu, bertumbuhnya perilaku ini mengembalikan rasa harga diri kita, membawa kita kepada suatu kehidupan yang lebih penuh dan mendalam, yang memungkinkan kita merasakan bahwa kehidupan di bumi ini berharga.” (LS 212)

Pertama-tama Paus Fransiskus meneguhkan pengharapan kita bahwa upaya-upaya pendidikan ekologis kita pasti akan berdampak dan berbuah. Bahkan akan “mengubah dunia”. Mengapa? 

Alasannya sederhana namun pasti. Yakni, bahwa “kebaikan di bumi yang cenderung menyebar terus, meskipun kadang-kadang tak terlihat”.

Selanjutnya kita boleh yakin dan percaya bahwa “bertumbuhnya perilaku ini mengembalikan rasa harga diri kita, membawa kita kepada suatu kehidupan yang lebih penuh dan mendalam, yang memungkinkan kita merasakan bahwa kehidupan di bumi ini berharga.”

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih ekologis.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 26/6/2019 

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Laudato Si artikel 212

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3967147966193903?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.