Inspiration

Tuhan Tak Pernah Meninggalkan Kita Sendirian dalam Penderitaan, Menyadarinyakah Kita?

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Dalam penanggalan Liturgi Katolik, hari ini adalah Pesta Iman St. Maria Magdalena, perempuan bahkan manusia pertama yang berjumpa dengan Kristus yang bangkit dari alam maut. Mari kita renungkan bacaan Injil yang diwartakan kepada kita.

Referensi pihak ketiga

Betapa sedihnya Maria Magdalena ketika dia duduk dan menangis di luar makam Kristus! Yesus Kristus yang diimani sebagai Tuhan dan telah menyembuhkan jiwanya, wafat dan dimakamkan sesudah mengalami derita salib yang berat. Tuhan Yesus Kristus telah mengusir tujuh setan dari hatinya. Dia telah berdiri di kaki salib Kristus dengan setia, bersama dengan Perawan Suci Santa Maria Bunda Kristus dan St. Yohanes, murid terkasih-Nya. 

Maria Magdalena juga telah dengan cinta membasuh kaki Tuhan kita dengan air matanya. Sekarang, air matanya mengalir di wajahnya. Dia sendirian di dekat makam, namun makam dalam keadaan terbuka dan kosong oleh sebab Yesus Kristus telah bangkit, namun ia justru menyangka bahwa jenazah Yesus dicuri orang. 

Referensi pihak ketiga

Maria Magdalena mengalami kesendirian eksistensial di hadapan peristiwa pahit Jumat Agung. Tapi dia tidak sendirian. Yesus Kristus yang mengasihi dan dikasihinya ada dan hadir menyertainya, meski pada awalnya, ia tidak pernah menyadarinya. Namun, syukurlah, pada akhirnya, ia menyadari juga kehadiran-Nya dan bahkan perutusan yang diberikan-Nya kepadanya.

Kita pun tidak pernah sendirian dalam perjalanan hidup kita, bahkan di saat-saat penderitaan kita. Apakah kita membuka hati kepada Tuhan kita dalam semua cobaan dan penderitaan kita? Minimal marilah kita bersukacita kendati dalam derita oleh daya kehadiran-Nya yang menyelamatkan dan memberikan penghiburan kepada kita.

Referensi pihak ketiga

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Ngurah Rai Denpasar, 22/7/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 22 Juli 2019 Pesta S. Maria Magdalena Bacaan Injil Yohanes 20:1.11-18

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/3196478738023133?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.