Inspiration

Ziarah Kubur Misa di Cungkup Makam Pahlawan Menimba Inspirasi Mgr. Albertus Soegijapranata

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Tanggal 22 Juli merupakan hari istimewa dan penting dalam kehidupan seorang Pahlawan Nasional yang bernama Mgr. Albertus Soegijapranata. Mengapa?

Referensi pihak ketiga – Pemotret: Theresia Manggar

Sebagaimana saya tulis dalam buku saya “Menyusuri ‘Sisi Lain’ Sejarah ‘Kebun Anggur Tuhan’ Keuskupan Agung Semarang, Tinggal dalam Dia & Menjadi Berkat” (Aloys Budi Purnomo Pr, 2012:116-117), tanggal 22 Juli adalah hari wafat Mgr. Albertus Soegijapranata. Tepatnya, Mgr. Albertus Soegijapranata wafat pada tanggal 22 JUli 1963, di Belanda. Mengingat jasa beliau untuk bangsa Indonesia pada zaman penjajahan Jepang, masa Perang Kemerdekaan dan Pasca-Perang Kemerdekaan, maka, Presiden Soekarno memerintahkan agar jenazah Mgr. Albertus Soegijapranata dibawa pulang ke Indonesia dan dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Giri Tunggal, Semarang, Jawa Tengah.

Presiden Soekarno bahkan menetapkan Mgr. Albertus Soegijapranata yang adalah Uskup Agung Semarang – sebagai Uskup Pertama yang asli Jawa untuk memulai pelayanan di Keuskupan Agung Semarang, hanya dalam waktu 4 hari sesudah Mgr. Albertus Soegijapranata wafat. Dengan SK Presiden RI No. 152 Tahun 1963 tertanggal 26 Juli 1963, Presiden Soekarno menetapkan Mgr. Albertus Soegijapranata sebagai Pahlawan Nasional denga anugerah Pangkat Jenderal Anumerta.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Menjadi keunikan tersendiri Unika Soegijapranata, yang dengan mengambil nama Mgr. Albertus Soegijapranata sebagai nama Universitas Katolik – satu-satunya di Jawa Tengah yang berpredikat Akreditasi A ini – boleh setiap tahun menyelenggarakan Ziarah Kubur dalam Misa Suci di cungkup makam di Taman Makam Pahlawan Giri Tunggal Semarang. Dalam Ziarah Kubur kali ini, saya mempersembahkan Perayaan Ekaristi dengan didampingi oleh Romo Djoko Pr dan Romo Albertus OCD.

Tema Perayaan Ekaristi yang juga ditempatkan sebagai pembukaan rangkaian Dies Natalis Unika Soegijapranata yang ke-37 adalah “Keadilan Ekologis”. Tema ini mengacu pada tema Karya Unika Soegijapranata Tahun Ajaran 2019-2020 yakni “Integritas Ekologis”. Dengan perayaan Ekaristi di cungkup makam Mgr. Albertus Soegijapranata, kita juga bermaksud menimba spirit Mgr. Albertus Soegijapranata yang menjadi patron bagi Unika Soegijapranata.

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Semoga semua ini sungguh menjadi berkat tak hanya bagi Unika Soegijapranata Semarang, melainkan juga bagi umat dan masyarakat. Mari terus menggali dan mengembangkan bakat dan talenta kita untuk bangsa, manusia dan semesta. Kalau selama ini motto Unika Soegijapranata adalah Talenta Pro Patria et Humanitate (Bakat untuk Bangsa dan Manusia), mungkin suatu saat bisa ditambah menjadi Talenta Pro Patria, Humanitate et Natura, yakni Bakat untuk Bangsa, Manusia dan Semesta. Tentu, tidak mustahil sebab sebagaimana Gereja Katolik pun selalu berpegang pada prinsip Ecclesia Semper Reformanda (Gereja Selalu Diperbaharui), mengapa tidak untuk suatu motto universitas? Dengan demikian, semakin lengkaplah upaya Unika Soegijapranata dalam menimba dan menggali spirit Mgr. Albertus Soegijapranata, apalagi di era Gereja Katolik sedang gencar menyerukan kepeduliaannya pada keutuhan ciptaan dan kelestarian lingkungan hidup yang sejalan pula dengan program studi Unika Soegijapranata yang memiliki concern pada ekologi melalui Progdi Rekayasa Infrastuktur dan Lingkungan (S-1), Program Magister Lingkungan dan Perkotaan (S-2) dan Program Doktor Ilmu Lingkungan (S-3).

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Kampus Ungu Unika Soegijapranata, 22/7/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Refleksi pribadi

Sumber http://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2056748790387789?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=app_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.