Inspiration

Berbahagialah Yang Melihat dan Mendengarkan Sang Sabda Yang Menjadi Manusia dalam Yesus

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Pada Hari Biasa, Pekan Biasa XVI yang merupakan Peringatan Wajib (PW) S. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria kita baca Bacaan Injil Mateus 13:16-17. Selengkapnya teksnya sebagai berikut.

Referensi pihak ketiga

Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya. (Mateus 13:16-17)

Apa maknanya? Pertama, terkait dengan PW St. Yoakim-St. Anna, bersama St. Yoakim dan St. Anna, orang tua St. Maria, mari kita kenang dan syukuri orang tua kita masing-masing, terutama Ibu dan Ayah kita. Mereka menjadi jalan pewarisan kebaikan dalam hidup kita. Seraya bersyukur kita doakan mereka semua dalam rasa terima kasih.

Kedua, terkait dengan Injil, berbahagialah kita yang mau menjadi pelaksana sabda Allah dalam kehidupan kita. Sabda tak hanya dibaca(kan) dan didengar(kan), melainkan juga dilihat dan dipandang sebab Sabda itu tak hanya Kata dan Kalimat melainkan Sang Sabda yang menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus. 

Inilah makna Injil hari ini bila dihubungkan dengan Injil Yohanes: “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaanNya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepadaNya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.” (Yohanes 1:1-4,14)

Nah berbahagialah kita yang boleh melihat Sang Sabda (= Firman) yang menjadi manusia dan tinggal di antara kita dalam sosok Pribadi: Yesus Kristus! Syukur bahwa kita pun belajar menghayati-Nya dalam hidup kita.

Bagaimana menurutmu? Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

Johart Wurlirang, 26/7/2019

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: Refleksi pribadi berdasarkan Hari Biasa, Pekan Biasa XVI PW S. Yoakim dan Ana, Orangtua SP Maria Bacaan Injil Mateus 13:16-17

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/2504053747807606?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.