Inspiration

Kedermawanan Tuhan Indah bagi Kita Semua, Jangan Salah Sangka Ya

Sahabat Peradaban Kasih yang terkasih. Kedermawanan Tuhan itulah frasa lain yang akrab dengan budaya sosial kemasyarakatan kita. Kedermawanan adalah kata lain dari kemurahan hati. Bedanya, dermawan cenderung bercorak finansial. Sementara kemurahan hati bermakna spiritual. 

Pemilik hak cipta: Aloys Budi Purnomo Pr

Namun, karena dihubungkan dengan Tuhan, maka kedermawanan Tuhan pun bercorak dan bermakna spiritual yakni manifestasi dari kasih-Nya bagi kita. Tuhan mengenal setiap orang secara intim dan pribadi. Tuhan tahu bahwa kebutuhan sebagian orang lebih besar daripada yang lain. 

Bisa jadi, orang pertama yang diterima bekerja memang sudah biasa mendapat pekerjaan dan terjamin setiap harinya. Sementara yang datang terakhir, dia bahkan tak ada yang memberikan tawaran pekerjaan. Mungkin sudah berhari-hari tidak mendapat tawaran pekerjaan. Karenanya, dia mendapat kemurahan hati lebih besar daripada yang lain.

Secara manusiawi kita mudah terjebak pada pola pikir bahwa Tuhan mencintai beberapa orang lebih dari yang lain adalah ketidakadilan. Kita berhutang budi dan cinta kepada Tuhan karena Tuhan adalah Sang Pencipta dan Bapa kita yang menyelamatkan semua orang tanpa diskriminasi.

Tetapi Tuhan tidak berutang apa pun kepada ciptaan-Nya. Semua yang Tuhan berikan kepada kita adalah gratis dan buah dari kasih-Nya yang tak terbatas. Terlalu mudah untuk memperlakukan Tuhan secara manusiawi, lupa bahwa Tuhan adalah Tuhan. Hadiah terindah yang Tuhan berikan kepada kita adalah rahmat kemurahan hati-Nya.

Bagaimana menurut kamu? Semoga refleksi sederhana ini memberi inspirasi dan bermanfaat. Terima kasih berkenan membaca refleksi ini. Tuhan memberkati. Salam peradaban kasih.***

JoharT Wurlirang, 21/8/2019 

»̶·̵̭̌·̵̭̌✽̤̈̊•Ɓέяќǎђ•Đǎlєm•✽̤̥̈̊·̵̭̌·̵̭̌«̶

Sumber: refleksi pribadi berdasarkan Bacaan Liturgi 21 Agustus 2019 Hari Biasa, Pekan Biasa XX PW S. Pius X, Paus Bacaan Injil Mateus 20:1-16a

Sumber https://idstory.ucnews.ucweb.com/story/1264750692191831?uc_param_str=dnvebifrmintcpwidsudsvnwpflameefutch&url_from=wmconstomerwebsite&stat_entry=personal&comment_stat=1&stat_app=browser_profile&entrance=personal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.